DaerahJawa Timur

Walaupun Dapat Julukan Kota Pensiun, Bondowoso Terapkan UHC

BeritaNasional.ID, Bondowoso Jawa Timur – Walaupun Kabupaten Bondowoso merupakan kota kecil dan mendapat julukan Kota Pensiun, bukan berarti abai terhadap kesehatan ratusan ribu warganya.

Terbukti, Bondowoso berhasil menerapkan UHC (Universal Health Coverage), yakni layanan kesehatan gratis hanya dengan menggunakan KTP. Artinya untuk mendapat pelayan medis gratis, warga Bondowoso hanya menunjukkan KTP saja, tanpa ada syarat lainnya.

Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berenecana (Dinsos P2KB), Anisatul Hamidah, Msi mengatakan, atas pelayanan kesehatan gratis tersebut, Pemerintah Kabupaten Bondowoso mendapatkan penghargaan.

“Syarat untuk menerapkan UHC di suatu daerah (kabupaten, red) adalah, 95 % penduduk  telah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan,” kata Anis, sapaannya pada beritanasional.id, selasa 14/3 2023.

Saat ini, lanjutnya, 95 % lebih penduduk Bondowoso telah terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan. Baik sebagai anggota yang mandiri, dibiayai oleh Kemensos maupun APBD Kabupaten Bondowoso.

Ditambahkan, Pemkab Bondowoso telah menerapkan UHC. Masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan gratis, cukup menunjukkan KTP Bondowoso di Fasilitas Kesehatan (Rumah Sakit dan Puskesmas terdekat).

Oleh karena itu, Anis memintah kepada masyarakat Bondowoso, apabila menemukan kendala terkait layanan KIS terblokir, dan lain-lain, segera menghubungi Dinsos P2 dan KB. Pihaknya akan terus berusaha memperbaiki layanan.

Karena Pemkab Bondowoso berhasil menerapkan UHC, Bupati Drs. KH. Salwa Arifin mendapat penghargaan dari Kementrian Kesehatan. Keberhasilan ini mendapat dukungan dari Ketua DPRD, H. Ahmad Dhafir.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button