Daerah

Ada Hewan Misterius Gegerkan Warga, Pemkab Diminta Turun Tangan

BeritaNasional.ID, SITUBONDO – Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Situbondo Ir. Sentot Sugiono bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Situbondo siap menangani jutaan hewan mirip kepindeng tanah misterius yang menggemparkan warga Desa Sumberanyar, Kecamatan Jatibanteng, Kabupaten Situbondo, Kamis (16/1/20).

Hewan yang masih belum diketahui jenisnya secara pasti itu, kata Sentot, masih iditangani secara serius oleh petugas pengamat hama penyakit dari Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Situbondo.

“Secara pasti kita belum tahu apa nama dan jenis hewan tersebut. Kalau sepintas kita lihat, hewan tersebut mirip dengan hewan kepindeng tanah,” jelas Sentot Sugiono.

Namun demikian, sambung Sentot, pihaknya masih akan melakukan uji laboratorium di Jember untuk mengetahui secara pasti, apa jenis dan nama hewan yang menyerang rumah milik pasangan suami istri (pasutri) Pandi (60) dan Astusti (56) warga Dusun Sumberanyar Selatan RT 03 RW 02 Desa Sumberanyar, Kecamatan Jatibanteng tersebut.

“Untuk memastikan jenis dan nama hewan tersebut, akan kita lakukan uji laboratorium di Jember. Jika hewan tersebut masuk kategori hama, maka kita juga akan melihat dampaknya. Jika kita melihat dari performen dari hewan ini, hampir mirip dengan nama hewan kepindeng tanah,” papar Sentot.

Lebih lanjut, Sentot mengatakan, setelah melakukan diskusi dengan teman teman dokter hewan di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Situbondo, ada yang mengatakan bahwa hewan misterius itu menguntungkan bagi lahan. Karena bisa membantu the komposer atau mengurai kebusukan tanah.

“Namun demikian, kita akan tetap melihat hasil dari uji laboratorium dulu. Apakah hewan tersebut berbahaya atau sebaliknya menguntungkan dalam mengurai tanah,” pungkas Sentot.

Sebelumnya, untuk menangani persoalan serangan hewan tersebut, Kapolsek bersama anggota Koramil dan desa, hanya bisa melakukan penyemprotan hewan aneh tersebut dengan cairan sejenis pestisida agar tidak merembet ke rumah warga lainnya.

Sementara itu, warga setempat berharap Pemerintah Kabupaten Situbondo dapat segera mengambil langkah untuk mengatasi serangan hewan misterius yang jumlahnya mencapai jutaan tersebut. (Sony) 

Caption : Petugas tunjukkan hewan misterius yang mirip kepindeng tanah

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close