DaerahJawa TimurKadesRagamSitubondo

Warga Peleyaan Situbondo, Minta Kades Segera Kembalikan Uang BLT DD

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Gara gara Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di pinjam oleh Munakip Kepala Desa Peleyaan, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, belasan warga mendatangi Kepala Desa Peleyan meminta uang BLT DD yang dipinjamnya segera dikembalikan, Senin (16/1/2023).

Belasan warga tersebut ngeluruk kantor desa untuk menagih janji kepada Kepala Desa Peleyan, Munakip. “Total uang BLT DD yang dipinjam Kades Munakip sebesar Rp30 juta, pada bulan Desember 2022 untuk 100 KPM (Keluarga Penerima Manfaat),”kata Abdul Aziz perwakilan warga Desa Peleyaan kepada sejumlah Wartawan.

Lebih lanjut Aziz menyampaikan, Kades Munakip berjanji bakal mengembalikan uang tersebut pada tanggal 16 Januari 2023. Namun faktanya hingga kini uang BLT DD tersebut belum diberikan kepada para KPM. “Tadi Kades bilangnya pinjaman BLT DD akan dikembalikan di bulan ini (Januari -red), namun, ternyata nihil,” ujar Aziz.

Selanjutnya, sambung Aziz, apabila hingga bulan Januari akhir uang BLT DD tersebut tidak diberikan kepada warga yang berhak menerimanya, maka warga akan menempuh jalur hukum. “Jika Kades Munakip tidak mengembalikan uang BLT DD tersebut, maka warga Desa Peleyan akan menempuh jalur hukum,” tegas Aziz.

Bukan hanya itu yang disampaikan Aziz dihadapan wartawan, namun dia juga menegaskan bahwa tindakan Kepala Desa Peleyaan meminjam uang BLT DD masyarakatnya sudah melampaui batas dan tidak dibenarkan oleh undang-undang. “Warga menyesali perbuatan kades yang meminjam uang BLT DD tersebut,” pungkasnya.

Sementara itu, Munakip Kades Peleyan, Kecamatan Panarukan, mengakui kalau uang BLT DD sebesar Rp30 juta tersebut ia pakai untuk keperluan pribadi. “Saya ngakui memang uang itu saya pinjam. Tetapi saya bilang tadi bulan ini saya pastikan dikembalikan,”jelas Kades Peleyaan singkat.

Publisher         :Heru Hartanto

Pewarta           :As’ad Zuhadi Anwar

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button