DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Warga Terjangit Demam Berdarah, Anggota Koramil dan Petugas Puskesmas Jangkar Situbondo Lakukan Fogging

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Untuk memutus mata rantai penyebaran nyamuk Aedes aegypti, Petugas Puskesmas Jangkar bersama anggota Koramil 0823/09 Jangkar melakukan penyemprotan Fogging di lingkungan RT.001 RW.001 KP. Krajan, Desa Jangkar, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Kamis (9/6/2022).

“Berdasarkan laporan Subli Kepala Dusun Kampung Krajan bahwa ada warga yang terjangkit demam berdarah dan menjalani opname di Rumah Sakit Abdoer Rahim (RSAR) Situbondo. Agar jintik nyamuk demam berdarah tersebut tidak penyebar, maka Petugas Puskesmas Jangkar bersama Anggota Koramil Jangkar melakukan fogging,” jelas Bati Tuud Koramil 09 Jangkar Serma Anton.

Lebih lanjut, Serma Anton Iswahyudi, tindakan fogging dilakukan masih dipercaya dan masih efektif membunuh nyamuk Aedes Aegypti yang bersarang di tempat-tempat kotor. “Penyemprotan fogging salah satu upaya untuk penanggulangan agar tidak terjadi kasus Kejadian Luar Biasa (KLB) di daerah Kecamatan Jangkar,” jelasnya.

Serma Anton Iswahyudi menjelaskan, sebelum di fogging, pihak mengajak masyarakat setempat untuk bekerja bakti membersihkan sampah atau genangan air yang bisa menjadi sarang nyamuk. “Usai melakukan kerja bakti, kita bersama petugas Puskesmas Jangkar melakukan pengasapan menggunakan mesin yang dapat mengeluarkan asap berisi insektisida,” tuturnya.

Fogging dilakukan, kata Serma Anton, agar mata rantai penyebaran nyamuk Aedes aegypti benar-benar terhenti. Langkah ini dilakukan, untuk mengantisipasi agar masyarakat lain tidak menderita penyakit demam berdarah. “Kita juga menyarankan agar masyarakat rajin menguras bak mandi dan membersihkan tempat lain yang berpotensi menjadi sarang nyamuk Aedes aegypti,” pungkas Serma Anton.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button