Metro

Aktivitas Tambang Galian C di Kalukku Ancam Pengguna Jalan

BeritaNasional.ID.Mamuju.Sulbar — Aktivitas penambang pasir di sungai Kalukku Desa Son/doang Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju, menganggu pengguna jalan yang melintas di poros Mamuju-Mamasa. Air buangan dan pasir yang mengendap di badan jalan bisa menyebkan kecelakaan.

Lokasi penbangan di Dusun Salu Kaha’ Desa Sondoang Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, berada di atas tanggul bendungan sungai Kalukku.

Karena letaknya yang lebih tinggi dari badan jalan, menyebabkan genangan air bercampur pasir dan lumpur masuk ke badan jalan.

Kondisi ini berbahaya bagi pengedara terutama roda dua di malam hari karena jalanan beraspal tiba-tiba dipenuhi genangan air bercampur lumpur dan pasir yang berasal dari alat penyedot pasir yang mengalir menggenangi jalan.

Bagi pengendara yang tidak mengetahui kondisi jalan yang juga menyempit akibat endapan pasir dan genangan air, bisa mengalami kecelakaan.

Gufron salah satu warga pengguna jalan harus mengalami kecelakaan tunggal saat melintas di jalan tersebut . Guf menyangkan kondisi jalan bernuansa gubangan Kerbau , dapat menimbulkan rawannya kecelakaan yang terjadi .

” Jalan ini sering dilalui . Rabu malam lepas magrib, aya dari Aralle Mamasa hendak pulang ke rumah di Des Beru-Beru, Kalukku, Mamuju untuk membantu mengamankan rumah dan keluarga pasca gempa. Ucap Guf

Tapi hanya sekitar tiga kilometer sebelum tiba di Tasiu pusat kevamatan Kalukku, saya mengalami kecelakaan di ruas jalan tersebut.

Kondisi gelap, di jalan beraspal tiba-tiba saya kaget ada genangan air yang cukup tinggi dan endapan pasir yang menutupi jalan, motor saya slip dan saya terpelanting ke aspal karena permukaan jalan licin.

Air yang menggenangi jalan dari buangan alat penambang pasir ini sudah berlangsung cukup lama.

Harapannya pihak terkait bisa menertibkan kegiatan penambangan pasir ini, agar tidak menganggu pengguna jalan dan menyebabkan korban.

Bukan penambangnya yang harus dihentikan karena memang itu tentu jadi sumber kehidupan mereka, tetapi cara dan prosesnya yang jangan dibiarkan merusak dan mengganggu pengguna jalan yang bisa menyebabkan kecelakaan .Ucap Guf kesal

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button