Metro

Waspada ‼️ Prakiraan Cuaca Ekstrem di Kalbar Diperkirakan Berlangsung Hingga 1, September 2021

BeritaNasional.ID, Pontianak, Kalbar – 24 Agustus 2021, Catatan data pengamatan di UPT BMKG Kalbar menunjukkan hujan lebat hingga kategori ekstrem telah terjadi di beberapa wilayah Kalbar dalam seminggu terakhir.

Hujan kategori Ekstrem setidaknya terjadi di Kota Pontianak pada tanggal 17 Agustus 2021 sebesar 153,5 mm. Hujan sangat lebat kembali terjadi di Kota Pontianak tanggal 21 Agustus 2021 sebesar 100,3 mm.

Dipicu hujan sangat lebat hingga kategori ekstrem tersebut berdampak terjadinya genangan di ruas jalan dan pemukiman warga Kota Pontianak.

Berdasarkan laporan masyarakat dan BPBD selama seminggu terakhir, kejadian banjir ataupun genangan juga terjadi di beberapa wilayah Kalbar antara lain : Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Melawi, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Landak, dan Kabupaten Ketapang.

Berdasarkan pemodelan cuaca numerik diprakirakan 14 Kabupaten/Kota di Kalbar masih akan terjadi hujan lebat hingga tanggal 01 September 2021.

Frekuensi terjadinya hujan lebat yang lebih banyak diprakirakan akan terjadi di Kabupaten/Kota : Kapuas Hulu, Kabupaten Sintang, Kabupaten Melawi, Kabupaten Sekadau dan Kabupaten Ketapang. Hujan sangat lebat diprakirakan akan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Landak, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Sanggau.

Sehubungan dengan sangat banyaknya wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat di Kalbar tersebut, BMKG Kalimantan Barat kembali mengingatkan perlunya meningkatkan kewaspadaan mengantisipasi dan menghadapi dampak potensi terjadinya cuaca ekstrem tersebut,

Diantaranya, seperti terjadinya banjir, genangan, jalan licin, tanah longsor dan sebagainya. Terjadinya cuaca ekstrem ini diprakirakan juga dapat berdampak pada berbagai sektor seperti sektor perhubungan, perdagangan, pertanian, perkebunan dan lain – lain.

Pasang air laut di sekitar Kota Pontianak diprakirakan mulai hari ini hingga seminggu ke depan diprakirakan semakin rendah. Pasang air laut diprakirakan akan kembali tinggi sekitar tanggal 3 – 6 September 2021.

Gelombang di Perairan dan Laut sebelah barat Kalbar seminggu ke depan secara umum gelombang berkisar antara 0.1 s/d 2.5 m (kategori tenang s/d sedang). Pada Periode tanggal 24 – 26 Agustus, tinggi gelombang antara 1,25 – 2,5 meter ( Kategori Sedang ) berpeluang terjadi di Perairan Kepulauan Karimata, Laut Natuna, Laut Natuna Utara, Perairan Kepulauan Anambas dan Periaran Kepulauan Natuna.

Sedangkan pada periode tgl 27 – 30 agustus 2021, tinggi gelombang antara 1,25 – 2,5 meter ( Kategori Sedang ) berpeluang terjadi di Perairan Kepulauan Karimata dan Laut Natuna.

Dengan adanya hujan yang hampir merata di wilayah Kalimantan Barat, maka untuk potensi kemudahan terjadi kebakaran hutan dan lahan dalam 1 minggu ke depan diprakirakan berada pada kategori Aman.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak membuka layanan informasi cuaca 24 jam dapat menghubungi melalui :
• call center 0561 – 721142 ;
• http://kalbar.bmkg.go.id/
• follow Fanspage Facebook dan Instagram : @info BMKG Kalbar;
• atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button