GorontaloMenuju Pemilu 2024

Wujudkan Pemilu Berkualitas, UNG Teken MOU dengan KPU dan Bawaslu

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Universitas Negeri Gorontalo (UNG) melakukan kerjasama strategis dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Gorontalo melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang digelar di Aula Rektorat UNG, Selasa (09/01/2024). Langkah ini sebagai wujud komitmen UNG dalam mensukseskan Pemilu tahun 2024.

Rektor UNG Eduart Wolok, mengatakan bahwa dengan penandatanganan MoU ini pihaknya ingin menekankan bahwa partisipasi penuh universitas dalam inisiatif ini bukan sekedar tanggung jawab akademis, tetapi juga sebagai wujud keterlibatan dalam pembangunan demokrasi.

“Artinya melalui program ini diharapkan kita bisa memiliki program politik yang baik, benar, dan memberikan kontribusi pada pelaksanaan pemilu di negara kita,” ujarnya.

Pada pemilu 2024, di mana sebagian besar pemilih merupakan generasi Z dan milenial, Eduart pun menyampaikan komitmen UNG untuk memberikan pemahaman politik yang baik dan positif kepada mahasiswa.

“Proses politik ini harus kita lakukan dengan benar. Tidak ada kata terlambat. Kita ketahui hampir 56 persen pemilih untuk pemilu 2024 ini adalah kaum gen Z, kaum millennial, kaum muda dan banyak mahasiswa kita itu adalah pemilih pemula. Jadi tentu kita ingin menyampaikan kepada mereka proses politik itu yang baik, yang benar dan menyenangkan,” tutupnya.

Sementara itu Ketua KPU Provinsi Gorontalo Fadliyanto Koem memberikan apresiasi kepada pihak UNG atas partisipasinya dalam mensukseskan Pemilu 2024.

“Hari ini kami sebagai penyelenggara pemilu merasa bangga karena ada main system yang sangat besar menjadi pendorong untuk sukses Pemilu 2024 khususnya di Provinsi Gorontalo,” ucapnya.

Senada dengan Fadliyanto Koem, Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo Idris Usuli mengatakan bahwa terkait dengan pengawasan partisipatif pihaknya sangat mengharapkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu terutama dari kalangan akademisi dan mahasiswa.

“Karena jika pengawasan partisipatif ini bisa dilakukan secara bersama-sama maka kami yakin kualitas Pemilu di Gorontalo akan lebih baik lagi,” tandasnya.

(Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button