BulukumbaCitizenDaerah
Trending

Yuk …. Nikmati Nuansa Indah  Yang Disuguhkan Gua Passohara

Ingin mengisi waktu liburan bersama keluarga atau sahabat?  Tak ada salahnya jika berkunjung ke Bulukumba, Sulawesi Selatan. Disana terdapat berbagai objek wisata, satu diantaranya Gua Passohara.

Gua Passohara merupakan sebuah destinasi wisata alam yang eksotis dan tersembunyi di dekat Pantai Mandala di Bulukumba. Gua ini memiliki mata air selama ratusan tahun.

Gua Passohara adalah sebuah destinasi wisata yang terletak di dekat kawasan pantai Mandala Ria yang terletak di Desa Lembanna, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan.

Untuk menuju ke sini, pengunjung akan melintasi medan yang cukup terjal, dengan bebatuan setebal hingga 30 meter. Di ujung gua terdapat mata air yang telah digunakan selama ratusan tahun. Mata air ini masih digunakan warga. Dalam kondisi minim cahaya, pengunjung perlu membawa perlengkapan penerangan sendiri saat berkunjung ke tempat ini.

Ada danau yang indah di dalam gua. Untuk menemukan telaga tersebut, pengunjung harus terlebih dahulu memasuki gua bawah tanah yang panjangnya sekitar seratus meter. Gua itu sendiri hanya berjarak sekitar seratus meter dari garis pantai.

Di gua Passohara terdapat pemandian air panas yang diperkirakan berumur ratusan tahun. Beberapa orang bahkan beranggapan bahwa musim semi telah mencapai akhir hayatnya. Guna memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar, pengawasan pun dilakukan mata air ini.

Ada kolam air tawar di dalam gua, dan udaranya sangat jernih. Pengunjung di sini bisa menikmati udara segar di danau dengan berenang atau menyelam. Setelah melewati goa yang agak terjal, kesegaran air di goa bisa melepas penat. Kejernihan air kolam memungkinkan ujungnya untuk melihat dasar kolam.

Dinding gua Passohara terlihat sangat kokoh dengan warna coklat. Gua ini lebih seperti tempat menawan yang dihiasi stalaktit dan stalagmit. Perpaduan antara gua berwarna coklat dan air yang berwarna biru kehijauan yang sangat jernih memberikan kesan kontras yang indah.

Gua Passohara terletak di Desa Lembanna, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Lokasinya sangat dekat dengan pantai Mandala Ria. Untuk mencapai destinasi ini, pengunjung dapat menggunakan jalur menuju Pantai Mandala, kemudian dilanjutkan menuju goa.

Pantai Mandala Ria sendiri terletak di Desa ara di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bontobahari, Provinsi Sulawesi Selatan (Bulukumba). Kota Bulukumba berjarak 35 km. Butuh waktu empat hingga lima jam dari Makassar ke sini. (*)

Citizen report : Arsi Winalda

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button