DaerahRagamReligiSumateraSUMUTWisata

Zuriad Pangeran Tanjung dan Warga Gelar Kenduri Arwah di Tanjung Pura

BeritaNasional.ID, Langkat – Para keluarga dari Zuriad Pangeran Tanjung, menggelar kegiatan kenduri arwah. Kenduri arwah dilaksanakan di Musholla Lorong Makam, di Kelurahan Pekan Tanjung Pura, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumut, Sabtu (30/10/2021).

Informasi dirangkum beritanasional.id, kenduri arwah yang dilakukan keluarga Zuriad Pangeran Tanjung ini, berkaitan erat dengan kehidupan sosial untuk masyarakat, karena tradisi ini merupakan warisan leluhur atau nenek moyang. Kenduri arwah dilakukan, bertujuan mendo’a kan arwah yang sudah meninggal dunia.

Adapun rangkaian kegiatan kenduri arwah yang dilaksanakan itu, diantaranya, membacakan tahtim, tahlil, dan disempurnakan dengan do’a. Keduri arwah ditujukan kepada Tengku Hamzah yang digelar Pangeran Tanjung, dan mendapat gelar dari Sultan Langkat dengan nama Sri Indra Diraja Langkat pada zaman kerajaan kesultanan Langkat saat itu.

Pemanjatan do’a juga ditujukan kepada beberapa keluarga Pangeran Tanjung lainnya, yang dimakamkan dilokasi Musholla. Siraman rohani berupa tausiah juga digelar dirangkaian kenduri arwah tersebut, begitu juga dengan ziarah kubur, dan terahir menggelar makan bersama dihalaman Musholla.

Turut hadir dalam kenduri arwah itu diantaranya, Tengku Kendy Hamzah, Tengku Yanfauzie, Tengku Fahrizal Mochrin, Tengku Rospita, Tengku Dewin, Tengku Yanuwar, Tengku Erwin Bin Mazlan, Tengku Humaida, Tengku Julkarnain dari kejuriadtan Selesai, Bahauddin selaku pemerhati sejarah, Ainuddin selaku pemilihara makam atau sebagai guru kunci makam.

Menurut Tengku Kendy Hamzah, kegiatan kenduri arwah ini akan dilakukan setiap tahunnya disini. Ainuddin selaku guru kunci makam mengatakan, Pangeran Tanjung ini merupakan anak pertama dari istri kedua Sultan Musa, bernama Hj.Maryam.

Sementara Pangeran Tanjung sendiri, dimakamkan diperkirakan di tahun 1899 an disini, dengan tahun kelahiran 1876 sesuai dengan tanda-tanda dimakam dan sejarah Zuriadnya. (Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button