DaerahJawa TimurRagamSitubondoSosial

Anggota DPR RI, DPRD Situbondo dan DPRD Provinsi Jatim Dari Fraksi PKB dan Donatur Siap Bangun Jembatan Putus di Jatibanteng

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Jembatan penghubung Dusun Dauh dengan Dusun Krajan, Desa Jatibanteng, Kecamatan Jatibanteng, Kabupaten Situbondo yang rusak diterjang banjir beberapa waktu lalu, hingga saat ini masih belum ada perbaikan oleh pihak yang berwenang yang menangani persoalan jembatan, Senin (14/2/2022).

Padahal, jembatan tersebut akses jalan satu satunya yang digunakan masyarakat dalam beraktivitas mengantar anak sekolah maupun aktivitas lainnya. Untuk sementara anak sekolah dan masyarakat jika beraktivitas saat ini menyebrangi derasnya aliran sungai yang penuh dengan bebatuan.

Menampung aspirasi masyarakat dua dusun tersebut, Anggota DPR RI Fraksi PKB, Ir. HM. Nasim Khan angkat bicara. “Apabila Pemkab Situbondo Pemprov Jatim dan pihak terkait lainnya belum siap untuk memperbaiki jembatan rusak tersebut, maka kami NKI, Sahmasi, Fraksi PKB DPR RI, DPRD Situbondo dan DPRD Provinsi Jawa Timur, Donatur dan pihak terkait lainnya akan memfasilitasi atau mengorganisir bantuan untuk membangun kembali jembatan yang rusak tersebut. Sebab, jembatan tersebut sangat di butuhkan oleh masyarakat,” kata Nasim Khan.

Jembatan tersebut, sambung Nasim Khan, sangat penting bagi masyarakat sebagai akses ekonomi, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya. “Jika jembatan itu tidak segera diperbaiki, maka dikwatirkan masyarakat tidak dapat mengakses kesehatan dengan cepat, sebab jika masyarakat ingin mendapatkan pelayanan kesehatan harus menyebrangi sungai berarus besar dan berbatu. Hal tersebut, bisa membahayakan keselamatan masyarakat dan anak sekolah yang menyebrangi sungai itu,” kata Nasim Khan.

Oleh karena itu, imbuh Nasim Khan, pihaknya bersama pihak terkait lainnya akan menggalang dana untuk memperbaiki jembatan rusak tersebut. “Seharusnya pemerintah setempat memprioritaskan perbaikan jembatan yang rusak itu, bukan menperioritaskan pemugaran pagar pendopo yang kondisinya masih baik,” tutur Nasim Khan.

Nasim Khan mengatakan, lebih prioritas mana jembatan ambruk dibiarkan begitu saja, sementara pagar pendopo yang masih bagus dibongkar lalu diperbaiki. “Hal ini cukup menggerakkan kami untuk cari bantuan perbaikan jembatan tersebut. Saat ini, kami masih menunggu respon pemkab, apakah pihak pemkab sudah menindak lanjuti persoalan perbaikan jembatan. Jika pihak pemkab sudah ada solusinya dengan perbaikan jembatan, maka kami akan hanya menerima aspirasi dan akan berusaha bersama mencarikan solusi penyelesaian bantuan ini,” jelas Nasim Khan.

Dalam waktu dekat ini, sambung Nasim Khan, Nasim Khan Indonesia (NKI), Sahmasi, Fraksi PKB DPR RI, Fraksi DPRD Situbondo, Fraksi DPRD Provinsi Jawa Timur, donatur dan pihak terkait lainnya akan akan segera memperbaiki jembatan yang rusak tersebut agar akses masyarakat kembali lancar. “Kita sudah berkoordinasi dengan pihak desa bahwa Dana Desa tidak bisa untuk memperbaiki jembatan tersebut. Oleh karena itu, dalam waktu dekat ini kami bersama Sahmasi, Fraksi PKB DPR RI, Fraksi DPRD Situbondo, Fraksi DPRD Provinsi Jawa Timur, donatur dan pihak terkait lainnya akan segera memperbaiki jembatan tersebut,” tegas Nasim Khan.

Tak hanya itu yang disampaikan Nasim Khan, namun dia juga mengatakan bahwa pihaknya mengedepankan gotong royong dan kebersamaan dalam membangun Jembatan Jatibanteng yang menghubungkan 3 desa Wilayah Kecamatan Jatibanteng. “Masalah politis daerah wilayah Kecamatan Jatibanteng bukan basis kita, tapi ini dilakukan demi kemaslahatan, kemanusiaan dan kita wajib membantu keluhan masyarakat. Dalam waktu dekat ini kita akan segera merealisasikan pembangunan Jembatan BerSholawat Jatibanteng,” pungkas Nasim Khan (***)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button