BondowosoDaerahJawa Timur

Dandim Siap Sosialisasikan UGG Dan Ingatkan Jaga Kondusifitas Pemilu 2024

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM
– Acara ‘Inauguration Ijen & Unesco Global Geopark’ berlangsung meriah. Kegiatan yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso ini dalam rangka mengukuhkan Ijen Geopark yang masuk Unesco Global Geopark dengan meraih penghargaan di Maroko, Sabtu (16/9/2023) malam.

Seremonial dipusatkan di Alun Alun RBA Kirangga. Tampak ribuan masyarakat tumpah ruah di sekitaran jantung kota. Tepatnya di Monumen Gerbong Maut.

Beragam tarian daerah yang dilakukan dengan massal disuguhkan. Seperti di antaranya, tari Topeng Konah, tari Petik Kopi, Singo Ulung, tari Blue Fire, Ojung, dan musik tradionational ‘Daul’ disuguhkan kepada masyarakat Bondowoso

Dandim 0822 Bondowoso, Letkol Arm Suhendra Chipta M.Tr., Hanla diwakili Danramil 0822/07 Maesan, Kapten Inf Rochis turut hadir bersama Forkopimda.

Rochis, sapaannya menyampaikan, kegiatan Inaguration Ijen & Unesco Global Geopark patut diapresiasi setinggi tingginya karena telah diakui oleh berbagai negara.

“Pengukuhan ini berkat kerjasama masyarakat kabupaten Bondowoso dan semua pihak. Hendaknya status ini dilestarikan oleh generasi penerus”, ujarnya

Ditambahkan, untuk mempertahankan kesenian dan kebudayaan asli Bondowoso, pihaknya akan membantu Pemkab dengan terus melakukan pembinaan dan sosialisasi.

Sementara itu di sisi timur jantung kota, tampak puluhan pelaku UMKM disediakan stand untuk menjual ragam olahannya. Turut hadir dalam acara ‘Inaugcration Ijen & Unesco Global Geopark’, Bupati Drs KH Salwa Arifin, Wakil Bupati Irwan Bachtiar, Sekda Bambang Soekwanto, Ketua DPRD Ahmad Dhafir, Danramil 0822/07 Maesan Kapt Inf Rochis, Kabag Sumda Polres, seluruh OPD, dan Camat serta tamu undangan.

Di waktu berbeda, Komandan Kodim 0822 Bondowoso Letkol Arm Suhendra Chipta menghadiri Serah Terima Kirab Pemilu 2024 dengan Tema ‘Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa’ yang berestafet dari KPU Kabupaten Situbondo menuju KPU Kabupaten Bondowoso.

Pelaksanaan Kirab tersebut merupakan agenda nasional untuk sosialisasi menyongsong Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang. Giat digelar di Paseban Alun Alun RBA Kironggo, Minggu (17/9/2023)

Dandim 0822 Bondowoso mengingatkan agar menghormati perbedaan pendapat dan berusaha untuk mencapai kesepakatan melalui dialog yang baik dan terbuka dalam menghadapi Pemilu.

“Mari kita jaga kerukunan dan keamanan bersama-sama. Saya mengajak masyakat untuk membantu dan berpartisipasi dalam proses Pemilu 2024 ini. Gunakan hak pilih anda dengan bijak dan baik,” tuturnya.

Suhendra, sapaannya mengatakan, agar masyarakat meningkatkan pemahaman keterampilan sebagai pemilih terkait hak berkewajiban dalam Pemilu.

“Melalui Kirab ini, mari kita tingkatkan semangat untuk mewujudkan Pemilu 2024 sebagai sarana integrasi bangsa. Perlu kita ingatkan kembali bahwa pemilu tahun 2024 akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 14 Februari tahun 2024,” pungkasnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button