Politik

Ini Filosofi yang Terkandung Dibalik Maskot Pilkada Provinsi Gorontalo 2024

BeritaNasional.ID, GORONTALO — Tahapan Pilkada serentak tahun 2024 akan segera dimulai. Provinsi Gorontalo sebagai salah satu daerah yang akan menggelar Pilkada tahun ini pun telah menetapkan Hiu Paus sebagai maskotnya. Maskot yang didesain dengan penuh nuansa adat Gorontalo ini merupakan karya putra Gorontalo Awaludin Nur yang memenangi lomba desain maskot pilkada Gorontalo 2024.

Diketahui, spesies ikan raksasa yang jinak dan ramah dengan manusia ini kini menjadi daya tarik pariwisata Gorontalo yang mendunia.

Lalu apa filosofi yang terkandung dibalik maskot Pilkada Provinsi Gorontalo ini ? Berikut penjelasannya.

– Hiu paus yang memiliki bentuk tubuh besar memiliki dua mata kecil dan 5 pasang insang

Hiu paus yang memiliki bentuk tubuh besar memiliki dua mata kecil dan 5 pasang insang ini mengambarkan sejarah kepemimpinan Gorontalo yang terbentuk dari duluwo limo lo pohalaa (dua kerajaan induk hulonthalo dan Limutu menjadi lima kerajaan yang terdiri kerajaan Hulontalo, Limutu, Suwawa, Bolango, dan Bualemo).

– Baju Adat Payunga Tilabatayila

Maskot ini diberi ciri baju adat Gorontalo yang memakai Payunga Tilabatayila yang merupakan baju adat yang digunakan dalam berbagai kegiatan adat yang sakral, termasuk pula pada rangkaian kegiatan seremonial pemerintahan, acara nasional, maupun pada kegiatan promosi kekayaan budaya daerah.

– Bitu’o (Keris)

Maskot hiu jantan ini juga di pakaikan bitu’o (keris) yang di sematkan di pinggang. Secara filosofis dapat dimaknai bahwa laki-laki sebagai pemimpin keluarga seyogyanya memiliki sikap yang dapat dijadikan teladan, penuh kasih sayang, dan juga sebagai pelindung dan pengayom keluarga.

– Baju Adat Warna Ungu

Warna ungu baju adat maskot ini adalah warna kebangsawanan tertinggi di Gorontalo. Warna ini juga melambangkan keanggunan, kesetiaan, dan kewibawaan. Selain itu, warna ungu adalah ciri khas warna daerah pemerintahan Provinsi Gorontalo.

– Paku Coblos dan Tinta Pemilu

Di tangan kanan maskot, membawa paku coblos. Ini menandakan, pilkada memilih pemimpin lewat coblosan paku di surat suara. Dan di jari tangan kiri maskot, ada tanda tinta pemilu yang menandakan warga Gorontalo yang telah menunaikan hak pilihnya di TPS.

– Logo KPU

Terdapat logo KPU di saku kiri maskot. Ini menandakan bahwa, pilkada serentak ini diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum berdasarkan ketentuan perundang-undangan.

(Rls/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button