Sumatera

KM Wicly Pecah Diterjang Badai, 8 Korban Hilang, 18 Berhasil Selamat

Tim SAR Jambi masih melakukan pencarian di perairan Tanjab Timur, Jambi. Foto –Ant-HO

Jambi, BeritaNasional.ID– Tim SAR telah menemukan Empat dari delapan orang yang hilang, dalam kecelakaan Kapal Motor Wicly Jaya Sakti di Perairan Nipah Panjang, Kabupaten Tanjungjabung Timur, Provinsi Jambi, pada Sabtu malam (23/5) , sekitar pukul 12.45 WIB.

Kapal Motor (KM) Wicly Jaya Sakti yang membawa 26 penumpang ini berangkat dari Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi. Sekitar pukul 05.30 WIB, dengan tujuan Ke Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

“Kapal tersebut berlayar saat kondisi cuaca hujan lebat disertai angin kencang dan berkabut. Ketika berada di pertengaha jalan, KM Wicly Jaya Sakti ini diterjang badai dengan ketinggian sekitar 0,5-1,25 meter, sehingga KM tersebut pecah dan tenggelam,” Jelas Luthfi Mulyawan, Humas SAR Jambi.

Kebetulan, tidak berapa lama dari kejadian itu, KM TB Sabang melintas dan melihat persistiwa tersebut, kemudian Kapten KM TB Sabang langsung menghampiri KM Wicly Jaya Sakti yang sedang terkena musibah itu. Akhirnya 18 penumpang dan awak kapal tersebut berhasil diselamatkan dan dibawa ke Kampung Laut, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

Wakil Bupati Lingga, Neko Wesha Pawelloy yang mengetahui 18 penumpang KM Wicly Jaya Sakti  yang terkena musibah, berada di wilayahnya. Langsung bergegas, bersama tim medis, menuju Kampung Laut. “ Saya langsung mengirimkan bantuan BPBD, untuk mengevakuasi korban kapal tenggelam itu ke RS Dabo Singkep, untuk mendapatkan perawatan medis, ” ungkap Neko Wesha Pawelloy.

Menurut Wakil Bupati Lingga, Neko Wesha Pawelloy. Sebagian besar para penumpang KM KM Wicly Jaya Sakti itu adalah warga Lingga, Kepulauan Riau. Sementara itu, Wakil Bupati Lingga juga memberitahukan peristiwa kejadian itu kepada Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur, untuk bersama-sama membantu proses evakuasi, terhadap 8 korban lainnya yang belum ditemukan.

Menurut Luthfi Mulyawan, Humas SAR Jambi yang dihubungi wartawan, minggu Sore (23/5) mengaku, pihaknya baru menemukan 4 penumpang KM Wicly Jaya Sakti di Perairan Sungai Sayang, Nipah Panjang. Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi. Pada pukul 02.00 WIB, Sekitar 6,7 mil laut dari lokasi kecelakaan kapal, dalam keadaan sudah meninggal dunia, dan diserahkan kepada keluarga korban, untuk dikebumikan, setelah dioutopsi.

Tim Basarnas Jambi menerima laporan dari unit siaga SAR Tungkal, pada pukul 13.05 WIB, langsung menggunakan kapal Basarnas RIB 02 Tungkal dan Tim dari kantor SAR Jambi diberangkatkan menuju LKK guna melaksanakan operasi pencarian dengan koordinat duga 01°4’7.24” S – 104°30’12.19”E, jarak lebih kurang 64 NM dengan cuaca hujan ringan dan tinggi gelombang lebih satu meter.

Sampai saat ini, tim SAR yg melibatkan Rescue Kantor Basarnas Jambi, Tim Rescue Pos Siaga SAR Tungkal, Polairud Polda Jambi, dan KPKL Kampung Laut, masih melakukan pencarian untuk 4 korban lainnya, dengan dengan menggunakan kapal KN SAR 414, RIB 02 Tungkal, Rescue Car, Rubber Boat.

Menurut Kepala Basarnas Provinsi Jambi, Ibnu Harris Al Hussain. KM Wicly Jaya Sakti adalah KM angkutan barang, katika itu juga membawa 26 orang penumpang dari Nipah Panjang, Tanjung Jabung Timur, menuju Dabo Singkep, Provinsi Riau. Di perjalanan, kapal ini dihantam ombak besar hingga hancur dan dilaporkan tenggelam.

Dari 26 penumpang itu, 18 orang berhasil diselamatkan oleh KM TB Sabang, kemudian Tim SAR menemukan seorang Wanita, dari penumpang KM Wicly Jaya Sakti, stelah di Visum zenazah korban dikebumikan oleh keluarga korban. Kemudian, Tim SAR kembali menemukan 3 korban lainnya, juga dalam keadaan sudah meninggal dunia. Kini 4 korban lainnya masih dalam pencarian.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Jambi Sulistyono, menyebutkan tiga hari terakhir sebagian besar wilayah Jambi daratan hingga perairannya terdampak oleh aktivitas gelombang ekuator Rossby dan Kelvin, yang terpantau aktif meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan. Hingga berdampak timbulnya angin kencang, banjir, kabut jarak pandang, hingga tanah longsor, dan potensi kecelakaan di perairan.

Berdasarkan data dari Basarnas Jambi mengatakan, penumpang KM Wicly Jaya Sakti yang berhasil diselamatkan itu, 1. Desi Fatmasari (25), 2. Gita Ulan Sari (14), 3. Ari Rahman (16), 4. Muhammad Ilyas (31), 5. Resti Novita Sari (26), 6. Syaikila (1), 7. Syarifah (24), 8. Hendri (34), 9. Sandi (31), 10. Gazi (58), 11. Zarimah (53), 12. Aan (43), 13. Heriyanto (38), 14. Supriyanti (34), 15. Keysia Depi (11), 16. Kiswandi (39), 17. Syarifudin (47), dan 18. Siti Fatimah (45).

Sementara itu, 8 korban yang dinyatakan hilang itu adalah, 1. Bunga Ateng (54), 2. Dewi (37), 3. Sarifah (5), 4. Dina Permata Sari (18), 5. Rismawati (65), dan tiga perempuan lainnya belum diketahui siapa namanya. Dari jumlah 8 orang penumpang ini, 4 diantaranya sudah ditemukan dalam keadaan sudah meninggal dunia. (Sarifuddin/Djohan Chaniago).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button