DaerahSUMUT

Manfaat Pusling Ditengah Pengukuhan Pokja Bunda PAUD Kecamatan

BeritaNasional.ID, Batubara – Saat penguhukuhan Pokja Bunda PAUD Kecamatan, Dinas Perpustakaan Kabupaten Batubara menghadirkan Bus Pintar dan Sepeda Motor bergerobak untuk beraksi dengan buku-buku nya sebagai bahan bacaan untuk belajar anak usia dini.

Saat dikonfirmasi diruangannya Kamis, (23/09/2021) Plt Kepala Dinas Perpustakaan Elpandi, S. Ag, MH sangat berterima kasih kepada Bupati Batubara Ir. Zahir yang telah menyerahkan sepeda motor dengan gerobak buku sebagai pendukung Perpustakaan Berjalan.

“Semenjak penyerahan sepeda motor keliling, pada Juni 2021 lalu oleh Bapak Bupati, hal ini sangat memudahkan kinerja Dinas Perpustakaan untuk menyentuh lapisan masyarakat pelosok dalam mencerdaskan anak bangsa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan,” cetusnya.

Elpandi juga menyebutkan perpustakaan keliling tersebut juga sekaligus mensosialisasikan e-Pusda yakni Perpustakaan Digital Pemkab Batubara.

Sedangkan perpustakaan keliling dengan gerobak sepeda motor tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anak ditengah Pandemi yang sebelumnya masih suasana belajar Daring.

“Sehingga dengan begitu perpustakaan ini akan dapat menyentuh anak-anak yang berada di daerah pedalaman Batubara yang tak dapat dijangkau Bus Pintar, agar meningkatnya pengetahuan anak-anak baik itu usia dini maupun masih duduk di bangku SD, SMP dan SMA, untuk mencerdaskan anak didik PAUD dan masyarakat se-Kabupaten Batubara,” pungkas Elpandi.

Teks Foto: Bunda PAUD Ny. Maya bersana anak-anak PAUD disela pengukuhan sempatkan diri menyambangi peserta PAUD di Kecamatan Tanjung Tiram saat belajar dari buku-buku Perpustakaan Keliling.
Teks Foto: Bunda PAUD Ny. Maya bersama anak-anak PAUD disela pengukuhan, menyempatkan diri menyambangi peserta PAUD di Kecamatan Tanjung Tiram saat belajar dari buku-buku Perpustakaan Keliling.

Dikarenakan masih suasana Pandemi, saat ini jadwal keliling perpustakaan berjalan menjadi 3 kali dalam seminggu, dengan 6 unit sepeda motor sebagai perpustakaan keliling, 1 unit Bus Pintar, dan 1 unit Bus Keliling.

Dalam mencapai program gerakan Pendidikan Anak Usia Dini, Pemerintah Kabupaten Batubara melalui Dinas Pendidikan yang bekerja sama dengan Bunda PAUD dan Pokja Bunda PAUD terus mengukuhkan pengurus Pokja Bunda PAUD Kecamatan.

Sebelumnya Bunda PAUD Kabupaten Batubara Ny. Maya Indriasari Zahir mengukuhkan pengurus Pokja di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Tanjung Tiram di Aula Kantor Camat dan Kecamatan Talawi yang berlangsung di Aula TK DAHLIA Desa Masjid Lama. Rabu, (22/09).

“Dibentuknya Pokja Bunda PAUD Kecamatan diharapkan bisa menjadi pemicu dalam mempercepat terwujudnya pendidikan anak usia dini yang berkualitas dan berkoordinasi dengan Pemerintah Desa untuk melakukan pembinaan,” ujar Ny Maya

Teks foto: Pengukuhan Pokja Bunda PAUD Kecamatan Tanjung Tiram dan Talawi Kabupaten Batubara
Teks foto: Pengukuhan Pokja Bunda PAUD Kecamatan Tanjung Tiram dan Talawi Kabupaten Batubara Rabu, (22/09)

Sementara itu, sebagai pendukung pembelajaran anak usia dini, Dinas Perpustakaan Kabupaten Batubara support Kegiatan Pokja Bunda PAUD dengan menyertakan Bus Pintar dan Sepeda Motor Keliling dengan buku-buku sumber ilmu pengetahuan sebagai Perpustakaan Berjalan. (FTR-BB/01)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button