Metro

Perumda Tirta Bulango : Direkturnya Mundur, Hutang Belum Terbayar

 

BeritaNasional.ID, Bone Bolango – Mundurnya Direktur Perumda Tirta Bulango tanpa alasan yang jelas.  Meninggalkan berbagai permasalahan yang sangat kompleks. Dan menjadi persoalan serius yang dibahas dalam Rapat Dengar Pendapat. Yang digelar di Ruang Sidang DPRD Bone Bolango, Selasa, (7/6/2022).

Di hadiri oleh anggota DPRD lintas komisi, RDP yang di pimpin langsung oleh Ketua DPRD Bone Bolango Halid Tangahu ini, menghadirkan Plt. Direktur Perumda Tirta Bulango Jusni Bolilio serta Ketua LSM Jaringan Kemandirian Nasional (JAMAN) Provinsi Gorontalo Frangki Max Kadir.

Dalam RDP ini terungkap ada beberapa hal krusial permasalahan yang sedang melilit Perumda Tirta Bulango saat ini, mulai dari soal penyertaan modal, gaji karyawan yang belum terbayarkan, dugaan 11 SK Karyawan yang sudah dijadikan agunan pinjaman di BRI serta beberapa aset berupa kendaraan roda 2 dan roda empat yang digadaikan di Adira hingga soal hutang yang belum terbayarkan kepada kontraktor.

Ketua LSM JAMAN Provinsi Gorontalo Frangki Max Kadir meminta kepada Plt. Direktur Perumda Tirta Bulango Jusni Bolilio untuk bisa menjelaskan alasan mundurnya Yusar Laya dari jabatan Direktur. Selain itu juga Frangki meminta agar DPRD membentuk pansus membahas persoalan ini.

“Untuk itu agar persoalan ini bisa di pertanggung jawabkan ke publik kami meminta agar Pak Jusni selaku Plt. Direktur bisa menjelaskan alasan Yusar Laya mundur dari jabatan Direktur dan juga meminta kepad DPRD Bone Bolango segera membentuk Pansus agar semua permasalahan yang terjadi di tubuh Perumda Tirta Bulango bisa di telusuri sampai ke akar-akarnya dan diungkap ke publik, tegas Frangki

Senada dengan Frangki, salah satu aleg Faisal Mohie juga meminta agar dibentuk pansus untuk membahas semua permasalahan yang ada dan menghadirkan mantan Direktur Perumda Tirta Bulango Yusar Laya.

“Saya minta ini dibentuk pansus dan kita undang mantan Direktur untuk memberikan keterangannya, pintanya.

Ditempat yang sama Aleg PKS Syamsu Botutihe juga menyoroti tugas dan fungsi Dewan Pengawas.

“Di Perumda Tirta Bulango ini ada Dewan Pengawas. Sampai hari ini tidak ada laporan dari Dewan Pengawas tentang persoalan yang terjadi di dalam. Lalu tugas Dewan Pengawas itu apa dan apa yang sudah dilakukan terhadap permasalahan ini, ucapnya.

Menjawab semua pertanyaan LSM Jaman dan para anggota DPRD yang hadir. Plt Direktur Perumda Tirta Bulango menyatakan bahwa saat ini tengah mengambil langkah-langkah yang perlu untuk membenahi persoalan yang terjadi serta memfasilitasi dan mempercepat proses rekruitmen Direktur yang baru.

“Saya sudah mengundang Kabag Ekbang dan Kabag Hukum untuk memproses rekruitmen Direktur yang definitif. Insya Allah dalam waktu yang tidak lama kami akan lakukan rekrutmen terbuka, “tandasnya. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button