BanjirBencana alamDaerahJawa TimurRagam

Ini Kata Kapolres Bondowoso Solusi Penanganan Banjir di Kecamatan Ijen

BeritaNasional.id – BONDOWOSO JAWA TIMUR, Ada beberapa penyebab terjadinya banjir bandang di wilayah Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso. Seperti dangkalnya sungai bisa mengakibatkan meluap dan banjir serta faktor lainnya, Sabtu (18/2/2023).

Kapolres Bondowoso AKBP Wimboko, SIK saat menyusuri aliran sungai bersama dengan PJU Polres Bondowoso dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso mengatakan bahwa, salah satu faktor penyebab banjir bisa juga dari dangkalnya sungai.

“Hari ini kami bersama petugas BPBD melihat secara langsung penanganan banjir di Ijen. Tadi kita juga menyusuri sungai dan mencari penyebab terjadinya banjir ijen tersebut, ” ujar Kapolres Bondowoso AKBP Wimboko.

Saat menelusuri sungai, lanjut Kapolres Bondowoso, pihaknya menemukan penyebab banjir, mulai dari penyempitan sungai, pendangkalan, sampah, dan faktor lainnya. “Tadi, kami menelusiri sungai dan hasil dari penelusuran itu akan diskusikan dengan Organisasi Perangkat Daerah Bondowoso. Kami akan mencari solusi penanganannya agar tidak terjadi banjir kembali,” kata orang nomer satu di Mapolres Bondowoso.

Kapolres Bondowoso juga menyampaikan, dalam waktu dekat ini Pemkab Bondowoso harus melakukan normalisasi sungai tersebut dengan cara melakukan penggalian, pendalaman, dan pelebaran sungai. “Kami akan diskusikan dengan OPD terkait untuk penanganan banjir di Ijen, ” tuturnya.

Tak hanya itu saja yang disampaikan Kapolres Bondowoso, namun dia juga menerangkan bahwa solusi penangan bencana alam banjir di Kecamatan Ijen Bondowoso harus dilakukan segera. “Kita punya sungai yang harus dibersihkan agar bencana banjir bisa diatasi dan itu semua harus dikerjakan bersama-sama,” pungkas Kapolres Bondowoso.

Pewarta           :Samsul Arifin

Publisher         :Heru Hartanto

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button