Daerah

Hanya Dalam Hitungan Jam, TKW Bondowoso Yang Tersesat Di Jakarta Bertemu Kembali Dengan Keluarganya

Brita Nasional.ID, Bondowoso Jawa Timur – Ny. Liana, warga Desa/Kecamatan Jambesari Darussholah, seorang TKW yang tersesat di Jakarta kini berkumpul dengan keluarganya kembali.

Kecepatan informasi melalui IT dan kesigapan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) membuat korban sangat cepat tertolong.

Mendapatkan informasi ada warga Bondowoso yang tersesat, Kadis SP2 & KB Anisatul Hamidah, MSi, langsung melakukan koordinasi dengan Camat Kota Suhari Adi Candra, S.Sos dan Camat Jambesari Darussholah, Mohammad Ridlo, untuk mencari alamat korban.

“Setelah kami menemukan alamat korban, langsung berkoodinasi dengan SATGAS PPA POLRES terkait dengan hal ini. Tadi malam Camat dan Kades Jambe Sari Darus Sholah telah melakukan asesmen terhadap keluarga. Untuk memastikan kebenaran informasi tersebut dan memastikan kesiapan keluarga untuk menerimanya,” kata Anis, sapaannya, ahad 16/4 2023.

Dinsos P3AKB sudah melakukan koordinasi dengan Sentra Mahatmia Bali sebagai UPT Kemensos RI yang membawahi Kabupaten Bondowoso. Dan juga sudah berkoordinasi dengan Direktorat Kemensos yang menangani teknis pemulangan korban setelah sampai di Jakarta.

Ditambahkan, setelah data kependudukan kami dapatkan, akan melakukan proses aktifasi KIS Bersama Dinkes dan BPJS. Agar korban mendapatkan layanan kesehatan, baik fisik maupun psikisnya.

Kemensos RI menyampaikan, jika keluarga korban masih belum siap menerima, dia akan dirawat di Sentra Mahatmia. Namun jika pihak keluarga sudah siap, akan dilakukan serah terima dari Kemensos RI kepada Pemkab Bondowoso. Selanjutnya akan dilaksanakan serah terima kepada keluarga korban.

“Setelah diterima keluarga, Dinsos P3AKB Bersama Dinkes, Pemerintah Kecamatan dan Desa akan melakukan pemantauan dan pendampingan layanan Kesehatan fisik dan psikis secara berkala,” jelasnya.

Pewarta : Zainul Muhaimin

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button