PemerintahanSinjai

Aksi Tanam Pohon DLHK Sinjai Bersama Bupati ASA di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

BeritaNasional.ID, SINJAI SULSEL –
Hari lingkungan hidup sejatinya memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global mengenai kondisi lingkungan.

Hari lingkungan hidup ini secara tidak langsung sebagai upaya sosialisasi tentang pentingnya menjaga lingkungan agar menjadi lingkungan yang sehat, hijau dan asri.

Demikianlah yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) dengan aksi menanam pohon dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Aksi menanam pohon ini dipusatkan di sepanjang Jalan Halim Perdanakusumah, Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara, Sabtu (17/6/2023) dihadiri oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA).

Adapun jenis pohon yang ditanam di sepanjang jalan Halim Perdanakusumah atau akses Pelabuhan Larea-rea adalah jenis Ketapang Kencana, Bungur dan Kalianra.

Pada kesempatan itu, Bupati ASA mengatakan pohon ini merupakan investasi masa depan karena pohon adalah penyuplai oksigen. Olehnya itu, ia berharap menanam pohon seperti menanam doa dan harapan sehingga semuanya bisa berkelanjutan untuk generasi-generasi yang akan datang.

“Mungkin manfaatnya tidak bisa kita rasakan sekarang karena butuh proses yang cukup panjang, tapi kita yakin dan percaya apa yang kita tanam hari ini akan bermanfaat untuk anak cucu kita nanti,” Tuturnya

Bupati ASA menghimbau hendaknya aksi menanam pohon yang dilakukan ini menjadi momentum meningkatkan kepedulian dan kesadaran dalam melestarikan lingkungan. Termasuk memperbaiki dan berperilaku adil terhadap lingkungan.

Seperti yang kita ketahui, pohon menghasilkan oksigen yang sangat dibutuhkan manusia, oleh krna itu Bupati ASA menitipkan pesan agar pohon sebagai upaya pelestarian yang telah ditanam dapat dijaga dan dipelihara dengan baik, sebab tanpa perhatian dan dukungan seluruh elemen masyarakat sebab urusan lingkungan menjadi tanggung jawab bersama.

“Apa yang kita tanam hari ini tentu membutuhkan dukungan dan keterlibatan semua pihak secara konstruktif. Dengan peran masyarakat secara, simultan, harmonis dan selaras dengan alam, Insya Allah lingkungan di Bumi Panrita Kitta’ ini akan tetap terjaga,” pungkasnya

Dikesempatan yang sama, Kadis LHK Sinjai H. Sofwan Sabirin mengungkapkan aksi menanam pohon dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia bertujuan untuk membangun integritas seluruh komponen masyarakat yang meliputi pemerintah pusat dan daerah akademisi, aktivis, komunitas dunia usaha, asosiasi, profesional dan bahkan individu dalam upaya pelestarian lingkungan.

“Jadi kegiatan aksi menanam pohon ini adalah kegiatan puncak dan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, sebelumnya kita juga melaksanakan aksi bersih sampah,” Tuturnya

Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong, Ketua DPRD Sinjai, Forkopimda, Kepala OPD, Kabag hingga relawan dan warga setempat.

Selain aksi menanam pohon, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia juga dirangkaikan dengan aksi bersih sampah yang telah digelar bersama pemerintah kecamatan Sinjai Utara dan Kelurahan.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button