Kalimantan Barat

Kapolres Sekadau Apresiasi Personel Pengamanan Pemilu 2024, Mulai dari TPS Hingga PPK

BeritaNasional.ID, SEKADAU KALBAR – Kapolres Sekadau AKBP Dr. I Nyoman Sudama, S.I.K., M.Si, memimpin apel pagi yang dilaksanakan di halaman Penanjung Island, Jalan Merdeka Timur, Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, pada Selasa (27/2/2024).

Apel dilaksanakan di Penanjung Island, dimana lokasi tersebut menjadi tempat rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 di tingkat Kabupaten Sekadau. Setelah apel pagi dilaksanakan gladi persiapan pengamanan pleno.

Dalam arahannya, Kapolres Sekadau menyampaikan apresiasi kepada seluruh personel yang telah melaksanakan pengamanan Pemilu 2024 mulai dari tahap pemungutan suara hingga rekapitulasi suara di tingkat TPS, PPS, dan PPK.

“Meskipun ada beberapa kejadian dan hambatan yang terjadi, namun secara umum situasi aman terkendali. Ini semua berkat kerja keras dan partisipasi dari rekan-rekan di Polsek maupun di Polres,” ungkap Kapolres.

“Mohon maaf atas keterbatasan situasi dan kondisi, terutama bagi personel yang melaksanakan pengamanan tanpa cukup istirahat. Inilah panggilan tugas yang harus kita laksanakan agar Pemilu berlangsung aman dan kondusif,” kata Kapolres.

Kapolres juga mengingatkan bahwa tugas pengamanan Pemilu 2024 belum selesai. Masih ada tahapan pleno penghitungan suara Pemilu di tingkat Kabupaten yang akan dilaksanakan oleh KPU pada besok Rabu (28/2) di Penanjung Island Sekadau.

“Oleh karena itu, hari ini setelah apel pagi ini, kita siapkan segala sesuatunya untuk laksanakan gladi persiapan pengamanan pleno. Agar besok semua personel tahu posisinya, tugasnya, dan cara bertindak,” tegas Kapolres.

Kapolres AKBP Nyoman Sudama menegaskan pentingnya pengamanan dalam pleno nanti, hal ini sebagai langkah antisipatif terhadap potensi keamanan yang dapat menggangu selama berlangsungnya pleno.

“Upaya preemtif, preventif, represif, dan rehabilitatif tetap berjalan untuk mencegah gangguan kemanan yang bisa saja terjadi selama pleno. Himbauan-himbauan baik secara langsung maupun di medsos sudah kita laksanakan. Semoga pleno nanti dapat berjalan aman dan tertib,” tukasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan arahan tentang penempatan personel yang disampaikan oleh Kabagops Polres Sekadau Kompol Samsul Bakri, S.H., M.H. Dalam hal ini, sebanyak 145 personel Polres Sekadau dikerahkan untuk memberikan pengamanan pleno di Penanjung Island, ditambah dengan 30 personel BKO Brimob. Pengamanan dilakukan secara terbuka dan tertutup dengan ploting personel di beberapa titik lokasi. (Aji/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button