AdvedtorialPolitik

Bawaslu Kota Gorontalo Paparkan Hasil Pengawasan Coklit Data Pemilih Pilkada 2024

BeritaNasional.ID, GORONTALO — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Gorontalo memastikan seluruh warga di Kota Gorontalo yang memiliki hak pilih telah selesai dilakukan pencocokan dan penelitan (coklit) oleh Pantarlih. Hal ini diungkapkan oleh anggota Bawaslu Kota Gorontalo Herlina Antu dan Erman Katili saat menggelar konferensi pers di Kantor Bawaslu Kota Gorontalo, Kamis (25/7/2024).

Herlina mengungkapkan bahwa Bawaslu Kota Gorontalo telah melakukan pengawasan melekat dalam proses pelaksanaan coklit. Dan dari hasil pengawasan tersebut, ia memastikan seluruh proses pelaksanaan coklit dan pemutakhiran data yang dilakukan oleh Pantarlih telah sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan yang ada.

“Kami juga telah sampaikan himbauan kepada KPU Kota Gorontalo agar proses coklit ini dilakukan sesuai peraturan perundangan-undangan. Selain itu kami juga telah melakukan pengawasan melekat dilapangan,” ungkapnya.

Selain pengawasan melekat, Herlina juga mengungkapkan bahwa Bawaslu Kota Gorontalo melakukan uji petik di tingkat kelurahan.

“Uji petik ini dilakukan dengan mendatangi kepala keluarga yang sudah di tempel stiker oleh Pantarlih. Ini untuk memastikan bahwa Pantarlih benar benar telah melakukan proses coklit sesuai dengan ketentuan,” ujarnya.

Selain melakukan pengawasan melekat dan uji petik, lanjut dia, metode pengawasan lainnya yang dilakukan oleh Bawaslu Kota Gorontalo yaitu melakukan analisis data.

“Analisis data ini dilakukan secara rutin oleh pengawas pemilihan berdasarkan hasil pengawasan melekat dan uji petik,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Erman Katili mengatakan bahwa selain melakukan pengawasan melekat, uji petik dan analisis data, Bawaslu Kota Gorontalo juga mendirikan Posko Kawal Hak Pilih di setiap kecamatan.

“Posko Kawal Hak Pilih menjadi sarana bagi warga untuk memberikan informasi jika yang bersangkutan belum terdaftar dalam daftar pemilih,” kata Erman.

Hal ini, kata Erman, untuk menjamin hak pilih setiap warga Kota Gorontalo dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024.

“Tugas kami adalah memastikan hak pilih warga terpenuhi,” pungkasnya.

(Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button