RagamTNI Dan Polri

Anggota Satgas TMMD Ke 111 Kodim 1402/Polman Bagi Ilmu Budidaya Ikan Air Tawar

BeritaNasional.D, POLMAN – Sebagai bentuk kepedulian Anggota Satgas TMMD Ke 111 Kodim 1402/Polman berbagi ilmu budidaya ikan nila kepada warga di Dusun Tappang, Desa Kunyi, Kecamatan Anreapi, Kabuapten Polewali Mandar.

Sebagian besar masyarakat budidaya ikan air tawar menggunakan kolam di rumah masing-masing sehingga saya merasa perlu membangikan ilmu yang saya miliki tentang budidaya ikan air kepada masyarakat setempat, Kata Serma Akram, Jumat (18/6/2021)

Ini kami lakukan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat karena dengan budidaya ikan air tawar di desa ini sangat baik karena air cukup melimpah.

“Desa ini berada di pegunungan sehingga untuk mendapatkan ikan laut yang segar di pasar atau pelesangan ikan harus menempuh jarak yang cukup jauh,” Ucapnya.

Sedangkan untuk budidaya ikan tawar di desa ini sangat berpotensi karena ketersediaan air dari gunung cukup memadai dan juga pakan organik untuk ikan cukup melimpah, Sayang jika potensi ini tidak dikelola dengan baik.

Sementara Elyas Kepala Dusun Tappang menyebut bahwa kegiatan masyarakat memelihara ikan di rumah masing-masing sedah berjalan setahun namun pertumbuhan ikannya cukup lamban karena memang pakannya juga terbatas terkadang hanya menggunakan ampas kelapa dan dedak.

Setelah disampaikan tata cara budidaya ikan air tawar oleh pak Tentara, ternyata pakan ikan cukup melimpah disekitar kita.

“Kalau pedagang ikan tidak datang, warga cukup mengambil ikan di kolam masing-masing untuk komsumsi mereka,” Tandasnya. (zik)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button