Daerah

Akankah Siskamling Meningkatkan Rasa Nyaman Bagi Warga?

BeritaNasional.ID, Ketapang, Kalbar – Kebutuhan akan rasa aman dan nyaman menjadi salah satu kebutuhan primer bagi seluruh masyarakat. Sarana dan prasarana tak terelakkan menjadi sebuah keharusan yang wajib disediakan, seperti juga bagi warga desa Riam Bunut.

Supardi (Pak Pardi) demikian nama panggilannya adalah, dia seorang kepala desa Riam Bunut, kecamatan Sungai Laur, kabupaten Ketapang, Kalbar saat menceritakan keluh-kesahnya tentang kondisi desa yang Ia pimpin.

Pentingnya pos keamanan lingkungan (Poskamling) dirasakan warga desa Riam Bunut menjadi perhatian bagi kepala desa Riam Bunut Supardi.

Diungkapkan oleh Supardi saat ini di lingkungan desanya bahwa keberadaan poskamling adalah sarana untuk menciptakan situasi keamanan lingkungan melalui kegiatan ronda.

Selain itu Supardi mengatakan Poskamling juga menjadi ajang berkumpul bersama warga, menjadi wadah saling berbagi informasi dan komunikasi.

Dalam rangka mengamankan lingkungan masyarakat dari gangguan kamtibmas seperti, pencurian, curanmor, pencurian hasil kebun dan gangguan kamtibmas lainnya, Supardi bermaksud akan mengaktifkan kembali siskamling.

“Namun sarana untuk itu harus disediakan agar warga merasa nyaman saat berjaga,” terang Supardi pada Kamis (30/9/2021).

Sebelumnya, selaku kepala desa, ia mendapatkan informasi akan adanya kegiatan TMMD Reg ke-112 tahun 2021 di desa yang Ia pimpin.

Dia ceritakan, singkat cerita dirinya bertemu dengan Babinsa (Bintara Pembina Desa) Koptu Muji Purwanto untuk menyampaikan permasalahan tentang pos jaga.

Sebagai seorang Babinsa tentunya tanggap apa yang menjadi tanggung jawabnya di desa binaannya, Nah melalui Babinsa inilah pembangunan pos kamling diusulkan kepada Dandim 1203/Ktp untuk dimasukkan menjadi sasaran TMMD.

Bak gayung bersambut langsung di ACC oleh Dandim 1203/Ktp sebagai salah satu sasaran fisik TMMD ke 112, Supardi pun merasa senang dan bahagia serta mengucapkan terima kasih.

“Saya atas nama pribadi dan masyarakat desa Riam Bunut mengucapkan terimakasih kepada Babinsa, dan Komandan Kodim 1203/Ketapang yang telah merespon apa yang menjadi keinginan masyarakat, tersebut,” ungkap Supardi.

Babinsa Koptu Muji Purwanto membenarkan bahwa, pembangunan pos kamling ini merupakan usulan dari masyarakat yang menjadi binaannya.

Koptu Muji Purwanto sangat mengapresiasi masyarakat desa Riam Bunut atas usulannya tentang pembangunan pos kamling.

Hal ini membuktikan kesadaran warga cukup tinggi dalam mewujudkan lingkungan yang aman.

Juga sangat membantu pihaknya dalam menjalankan tugas sebagai Babinsa di desa tersebut.

“Untuk menciptakan, menyiapkan alat juang yang tangguh untuk pertahanan negara,” ungkapnya.

Diawali dari lingkungan yang aman, tentunya masyarakat akan lebih aman, tentram sehingga, berpengaruh terhadap perkembangan desa.

“Harapannya pembangunan berjalan dengan lancar, perekonomian juga berkembang,” jelas Koptu Muji.

Siskamling juga merupakan salah satu model polisi masyarakat dalam memberikan retribusi komunikasi serta informasi secara external dari dan untuk masyarakat.

Koptu Muji juga menjelaskan, fungsi Siskamling merupakan potensi pengamanan swakarsa yang berazaskan gotong-royong, kerjasama, budaya paguyuban yang menjiwai dalam setiap kehidupan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan rasa aman.

Pada kesempatan lain, Kapenrem 121/Abw Mayor Inf Supriyono saat mengunjungi lokasi TMMD sangat mengapresiasi kepada masyarakat dalam bersinergi bersama Satgas TMMD dalam kegiatan mensukseskan program TMMD.

Dirinya sangat bangga melihat semangat para warga di desa Riam Bunut yang mengikuti serta terlibat dalam kegiatan TMMD.

“Saya lihat warga sangat antusias ikut dalam pembuatan pos kamling, ” ungkapnya melalui Press Release tertulis Penrem 121/Abw.

Mayor Inf Supriyono mengajak kepada warga masyarakat untuk bekerjasama bahu membahu, bergotong royong membangun desa, bersama sama TNI membantu membangun Pos Kamling.

Karena dengan bekerja sama inilah Ia katakan akan meningkatkan sinergitas sehingga terciptanya ketahanan.

Mari kita menjaga keamanan dan ketertiban untuk kenyamanan dan keamanan kehidupan bermasyarakat,” jelas Kapenrem 121/Abw Mayor Inf Supriyono. (Fyan/Red)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button