Artikel/OpiniRagam

Akuntansi : Menyelami Berbagai Cabang dan Fungsinya

Oleh : Silmi, S.E., M.Ak. *)

BeritaNasional.ID — Pada artikel ini akan dikaji cabang ilmu akuntansi pemerintahan, akuntansi perpajakan, akuntansi forensik dan akuntansi auditing dari segi bidang fokus, output dan tujuan dari masing-masing cabang ilmu tersebut.

Pertama cabang ilmu akuntansi pemerintah, cabang ilmu akuntansi pemerintah fokus pada aktivitas sektor publik seperti pencatatan, pelaporan dan pengelolaan keuangan pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah.

Tujuan dari akuntansi pemerintah adalah untuk memberikan transparansi, efesiensi dan akuntabilitas kepada masyarakat dalam pengunaan dana publik. Standar yang mengatur pencatatan dan pelaporan pada akuntansi pemerintah berbeda dengan standar akuntansipada perusahaan swasta, standar akuntansi pemerintah diatur dalam Governmental Accounting Standars Board (GASB) dan International Public Sector Accounting Standars (IPSAS).

Dalam standar akuntansi pemerintah diatur komponen pelaporan keuangan yang terdiri atas 3 komponen utama yaitu, laporankeuangan pemerintah, anggaran pemerintah dan audit pemerintah.

Masih dalam lingkungan akuntansi pemerintah ada cabangilmu akuntansi perpajakan, untuk cabang ilmu akuntansiperpajakan fokus pada pencatatan, analisis dan pelaporankeuangan yang berkaitan langsung dengan pajak.

Akuntansi perpajakan bertujuan untuk memastikan wajib pajak orang pribadi maupun wajib pajak badan mencatat dan melaporkanpajaknya sesuai dengan peraturan perundang-undanganperpajakan yang berlaku. Jika ditemukan perbedaan standar atau regulasi antar laporan keuangan yang disusun oleh entitas dengan regulasi perpajakan, maka entitas wajib menyesuaikan dengan regulasi perpajakan jika laporan keuangan tersebut dipergunakan untuk keperluan perpajakan. Tujuan dari cabangilmu akuntansi perpajakan adalah untuk memastikan semuaentitas patuh pada hak dan kewajiban perpajakannya, mengoptimalkan beban pajak dengan strategi yang legal, dan mengelola resiko-resiko yang muncul dengan pengendalian dan perencanaan yang efektif.

Cabang ilmu akuntansi berikutnya adalah akuntansiforensik, cabang ilmu ini berfokus pada penyelidikan/investigasikeuangan, analisis keuangan dan penyelesaian kasus hukumterkait kecurangan atau penipuan. Profesi dari cabang ilmuakuntansi forensik adalah akuntan forensik, akuntan forensikmemiliki kewajiban untuk melakukan investigasi secara independan objektif didalam menemukan kecurangan. Setelahmenemukan kecurangan selanjutnya akuntan forensik membuatlaporan yang komprehensif terkait hasil temuan investigasi gunadilaporkan kepada dewan direksi, manajemen perusahaan dan pihak berwenang. Akuntan forensik juga bertanggung jawabuntuk menjadi saksi di pengadilan dengan memberikanpernyataan hasil investigasinya dihadapan hakim dan pengacara. Akuntansi forensik memiliki peranan penting dalam mendeteksikecurangan keuangan.

Tidak jauh berbeda dengan akuntansi forensik, cabang ilmuakuntansi auditing juga berperan sebagai pendeteksiankecurangan keuangan. Disamping sebagai pendeteksikecurangan keuangan, akuntansi auditing juga berfokus pada pengendalian pemeriksaaan, evaluasi laporan keuangan dan sistem pengendalian internal perusahaan. Tujuan utama dariakuntansi auditing adalah untuk memberikan keyakinan pada seluruh pihak terkait bahwa laporan keuangan yang sudahdisusun oleh manajemen perusahaan telah bebas dari salah sajimaterial dan telah sesuai dengan standar akuntansi keuanganyang berlaku. Profesi dari cabang ilmu akuntansi auditing adalahauditor. Profesi auditor terbagi menjadi beberapa jenis, yaituauditor internal, auditor eksternal dan audit committee. Auditor internal merupakan auditor yang bekerja pada suatu perusahaanyang melakukan audit internal dan memberikan rekomendasiatas temuannya kepada manajer, dewan direksi dan pihak yang berwenang. Jika auditor internal bekerja dalam sebuahperusahaan kebalikan dengan auditor eksternal yang memilikifirma independent. Auditor eksternal memberikan jasa audit kepada klien untuk memeriksa kewajaran laporan keuanganyang telah disusun oleh klien dan memberikan opini atas laporankeuangan yang telah diperiksa. Sedangkan audit committee menyediakan jasa pengawasan kepada auditor internal dan auditor eksternal.

*)Biodata Penulis

Perkenalkan nama saya Silmi, saya merupakan lulusan S-2 Magister Akuntansi di Universitas Andalas. Saya lulus CPNS Kemendikbudristek pada tahun 2021 dan ditempatkan di Universitas Andalas tepatnya di Fakultas Ekonomi dan Bisnissebagai dosen Akuntansi. Disamping menjadi dosen saya juga diberikan Amanah untuk mengelola pusat bisnis di Unand.

Nama​​: Silmi, S.E., M.Ak.
Pekerjaan​: Dosen PNS
Bidang Ilmu​: Akuntansi
Afiliasi:​: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Andalas.
Email​​: silmi@eb.unand.ac.id
Medsos IG​: silmisofyan

(permataillahi/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button