Metro

Anggota PP STIB Diwajibkan Paham Pancasila

BeritaNasional.ID, BANYUWANGI – Persatuan pengemudi sahabat tawakal indonesia bersatu (PP STIB) se-nusantara memperingati hari lahir pancasila (1/6/2021) di kantor pusat STIB di Jalan Brawijaya Kelurahan Mojopanggung, Banyuwangi. Tujuan utama acara tersebut untuk membentuk karakter para driver truk dan pick up yang tergabung di STIB agar memahami, memaknai, mencintai dan mengerti atas isi dasar pancasila. Dalam acara ini, PP STIB pusat mengangkat tema bersama menjaga bhineka tunggal ika serta persatuan dan kesatuan untuk membangun bangsa.

Saat di wawancarai di kantor pusatnya, Wawan Darmawan sebagai ketua umum PP STIB mengatakan, bahwa dia ingin anggota STIB se-nusantara bisa memahami dan memaknai tentang isi pancasila sebagai dasar Negara mengingat hal tersebut sangat penting sekali.

“Ini sebagai gerakan mengatisipasi apabila kita melakukan hal hal yang ceroboh atau tindakan-tindakan yang menentang hukum. Maka dengan dasar yang kuat tentang pancasila, kemungkinan besar kelakuan yang ceroboh itu tidak akan terjadi  pada anggota STIB,” ujarnya.

Lanjut Darmawan panggilan akrab Ketua Umum STIB tersebut, peran serta STIB dalam memaknai pancasila adalah ikut serta dalam membangun bangsa melalui eskpedisi mengantar logistik ke setiap daerah.

Ketua umum PP STIB Wawan Darmawan (kiri), di dampingi anggotanya saat di wawancarai awak media di kantor pusat STIB

“Hal semacam ini, hampir kami lakukan setiap waktu demi keberlangsungan pembangunan dan kemakmuran daerah yang ada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Maka dari itu, kami wajibkan para anggota STIB harus bisa memahami, memaknai dan mengerti tentang pancasila,” jelasnya.

Ditambahkan Darmawan, anggota yang datang di acara tersebut adalah perwakilan anggota STIB dari berbagai daerah seperti dari Sidoarjo, Bali, Solo, Situbondo, Surabaya.

“Saya berharap anggota STIB harus mencintai pancasila setulus hati. Dengan tulus mencintai, kemungkinan STIB bisa sejahtera. Dan untuk anggota yang masih menjalankan tugas mengantar muatan kami minta waspada, patuhi aturan yang berlaku dan tetap mencintai pancasila sebagai dasar NKRI,” bebernya dihadapan awak media.

Seusai acara, Ketua umum STIB bersama anggota perwakilan luar kota mendeklarasikan diri atas komitmennya terhadap Pancasila. Caranya  dengan mengumandangkan lagu Garuda Pancasila. (Nda)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button