DaerahJawa TimurRagamSitubondoTNI Dan Polri

Anggota TNI dan POLRI di Wilayah Kecamatan Mlandingan Situbondo Patroli Kesehatan Ternak

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak, Anggota TNI dan POLRI bersama petugas kesehatan hewan serta unsur terkait lainnya di wilayah Kecamatan Mlandingan, Kabupaten Situbondo melaksanakan patroli dialogis dan pemeriksaan terhadap hewan ternak milik masyarakat, Sabtu (4/6-2022).

Keterangan yang disampaikan Serka Rogerio Dasifa anggota Koramil 0823/13 Mlandingan mengatakan, bahwa Patroli dialogis dan pemeriksaan serta pemberian vitamin terhadap ternak tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak di wilayah Kecamatan Mlandingan, Kabupaten Situbondo.

“Pemeriksaan hewan ternak tersebut dilakukan di Kandang Sapi milik Amhari warga Dusun Karang Tengah, Desa Trebungan, Kecamatan Mlandingan. Pemeriksaan kesehatan hewan ternak milik Amhari tersebut, melibatkan anggota TNI dan POLRI serta Mantri Hewan Fauzan, A. Md. Vet,” jelas Serka Rogerio Dasifa anggota Koramil 0823/13 Mlandingan.

Selain melakukan pemeriksaan terhadap hewan ternak milik warga ini, sambung Serka Rogerio Dasifa, petugas juga memberikan imbauan dan sosialisasi tentang virus Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak sapi maupun kambing.

“Jika peternak menemui tanda-tanda liur ternak berlebihan, ternak tidak mau makan dan lidah ternak melepuh segera hubungi Koramil, Polsek dan manteri hewan terdekat,” jelas Serka Rogerio Dasifa Anggota Koramil Mlandingan.

Untuk sementara, kata Serka Rogerio Dasifa, dalam pantauan ternak sapi warga di wilayah Kecamatan Mlandingan dalam kondisi sehat dan belum ada yang terindikasi atau ditemui hewan ternak yang terserang virus PMK.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button