Jawa Timur

Antisipasi Gangguan Kamtib,Rutan Kraksaan Lakukan Perawatan dan Rolling Gembok

Beritanasional.id-Probolinggo Kraksan, Rumah Tahanan Negara Kelas II B Kraksaan kembali melakukan peremajaan fasilitas keamanan dan ketertiban. Kali ini, Staf KPR melakukan perawatan dan rolling gembok kamar hunian warga binaan. Seluruh gembok dikumpulkan lalu dilakukan pemeriksaan secara mendetail oleh petugas. Gembok tersebut lalu diberikan pelumas agar tidak berkarat dan mudah digunakan.

Selanjutnya petugas memeriksa kelancaran anak kunci saat digunakan. Setelah selesai dibersihkan maka dilakukan rolling gembok secara acak. Gembok sendiri merupakan salah satu unsur penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban didalam Rutan Kraksaan. Perawatan dan rolling gembok secara berkala dapat mencegah penduplikasian atau pengerusakan kunci yang bisa berakibat pelarian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kegiatan perawatan dan rolling gembok kamar hunian ini sendiri merupakan salah satu deteksi dini terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di Rutan Kraksaan. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Kraksaan, Zainol Hasan. Ka.KPRTN menyampaikan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap bulannya. “Hal ini juga bertujuan untuk mengecek kelayakan sarana dan prasarana di dalam Rutan Kraksaan untuk mengukur kekuatan keamanannya,”ujarnya.

Kepala Rutan Kraksaan, Bambang Irawan, mengatakan Rutan Kraksaan akan terus berkomitmen melakukan deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban dengan berbagai upaya untuk meminimalisir terjadinya gangguan kamtib tersebut. Di antaranya dengan melakukan razia kamar hunian secara rutin dan insidentil, perawatan dan rolling gembok, perawatan senjata,kegiatan kontrol keliling , dan lain sebagainya. Dirinya juga berharap agar keadaan di Rutan Kraksaan selalu aman dan terkendali.

Jurnalis:Onoy

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button