DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Antisipasi Kemacetan Arus Mudik, Kapolres Situbondo Persiapkan Tim Gabungan Operasi Ketupat Semeru 2022

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Kapolres Situbondo AKBP Dr Andi Sinjaya pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2022 yang berlangsung di halaman depan Mapolres Situbondo, Jumat (22/04/2022).

Keterangan yang disampaikan Kapolres Situbondo AKBP Andi Sinjaya mengatakan bahwa, untuk mengantisipasi beberapa kerawanan macet pada arus mudik tahun ini, pihaknya bersama tim gabungan operasi Ketupat Semeru akan terus melakukan pemantauan dikawasan pusat-pusat keramaian dan perbelanjaan dan lain sebagainya.

“Berkaitan dengan protokol kesehatan Covid-19, ditempat tempat-tempat yang ramai seperti tempat wisata, tempat ibadah, pelabuhan, terminal, pasar dan lainnya menjadi target pengawasan Tim Operasi Semeru 2022. Harapannya arus mudik hingga arus balik nantinya bisa berjalan dengan lancar, aman dan tertib,” Kata Kapolres AKBP Andi Sinjaya usai pimpin apel.

Selain itu, sambung AKBP Andi Sinjaya, pihaknya juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan staekholder suapaya arus mudik dan balik tahun ini bisa lancaran mengingat sekarang banyak jalan berlubang di Jalur Pantura Situbondo. “Kerusan kerusakan jalan berlubang maupun bergelombang juga sudah termasuk atensi, dan penumpukan kendaraan yang berkaitan dengan pengisian BBM itu juga sudah di koordinasikan dengan pihak pertamina,” jelasnya.

Untuk kawasan di Jalur Pantura Hutan Baluran yang sering terjadinya lakalantas akibat kurangnya lampu penerangan, imbuh Kapolres Andi, pihaknya telah mengkoordinasikan dengan pihak-pihak terkait yang berkompenten pada bidangnya.

“Hal tersebut menjadi catatan bersama, terutama dari beberapa steackholder seperti dinas PUPR Provinsi dan pihak lainnya yang terkait agar segera memperbaiki jalan berlubang dan bergelombang agar memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang sedang menempuh perjalan mudik lewat jalan pantura Situbondo,” jelas Kapolres Situbondo.

Selanjutnya, kata Kapolres Situbondo, bagi para para pemudik yang membawa kendaraan sendiri agar menatuhi imbauan pemerintah pusat, yakni agar mudik lebih awal supaya tidak terjadi penumpukan kendaraan dalam perjalanan mudik.

“Patuhi rambu-rambu lalu lintas dan prokes Covid-19 dalam perjalanan mudik. Sesuai dengan aturan mudik perjalan dalam negeri, maka kami harapkan pemudik melengkapi diri dengan vaksinasi dosis boster. Apabila pemudik hanya mendapat suntikan vaksin dosis pertama, maka harus membawa surat keterangan Swab PCR dan bagi pemudik yang hanya vaksin dosis ke dua, maka harus dilengkapi dengan hasil swab antigen,” tutur Kapolres Andi Sinjaya.

Apabila para pemudik sudah melaksanakan vaksin boster, maka bisa dikatakan aman. Sebab, mereka tidak harus melakukan swab antigen maupun PCR. “Makanya, pemerintah melakukan percepatan vaksinasi. Untuk itu, bagi masyarakat Kabupaten Situbondo yang akan mudik segera hubungi gerai-gerai vaksin sebelum melakukan perjalanan mudik,” pungkas Kapolres Situbondo.

Publisher         : Heru Hartanto

Pewarta           : As’ad Zuhaidi Anwar.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button