Sumatera

Bangun Drainase, Dana Desa 2021 Pekon Banyumas Tepat Sasaran

BeritaNasional.ID, PRINGSEWU — Pemanfaatan Dana Desa (DD) di Pekon Banyumas, Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu tepat sasaran. Hal itu dibuktikan dengan dibangunnya sarana infrastruktur yaitu saluran Drainase berlokasi disusun lll melalui DD 2021 dengan pagu anggaran sebesar Rp.104.396.000.

Dalam hal tersebut Kepala Pekon Banyumas Wasino mengatakan, anggaran DD 2021 telah direalisasikan untuk pembangunan saluran drainase sepanjang 284 meter, Type 50. Menurutnya, saluran drainase dibangun untuk memperlancar serta mempermudah saluran air selama musim penghujan agar tidak terjadi banjir. Pasalnya, selama ini salurannya tidak lancar sehingga jalan tergenang air.

“Di akhir tahun ini kami laksanakan pembangunan drainase yang selama ini menjadi keluhan masyarakat. Adapun anggaran untuk pembangunan drainase itu menelan Biaya sebesar Rp.104.396.000, “ungkap Wasino.

Oleh karena itu, lanjut Wasino, agar pembangunan desa tersentuh masyarakat, pengerjaan drainase ini dilaksanakan dengan memberdayakan masyarakat lingkungan setempat, digandeng dengan Tim Pelaksana Kerja (TPK) dari anggaran DD.

“Sesuai intruksi Pemerintah Pusat dan Kabupaten bahwa pembangunan desa harus tersentuh masyarakat. Sehingga, pemanfaatan anggaran DD benar-benar dirasakan masyarakat, “tukasnya.

Dilain pihak Narto (51) warga setempat mengaku sangat senang dengan terbangunnya saluran drainase didusun tersebut. Dikatakannya, mengingat air hujan sering melimpah ke jalan, sehingga dengan di bangunnya drainase tersebut tidak lagi terjadi genangan air di jalanan.

“Alhamdulillah dengan adanya pembangunan siring ini bisa memperlancar jalannya air. Sebab, selama ini siring yang ada tidak dapat berfungsi secara maksimal. Kemudian, dalam pengerjaannya pun dikerjakan oleh warga setempat, sehingga proyek tersebut mampu menyerap dari tenaga kerja warga setempat,”tuturnya. (Sugiyanto)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button