Banjir

Banjir Melanda Wilayah Desa Salakuray Bayongbong Garut, Akibat Buang Sampah Sembarangan Dan Menyempitnya Saluran Drainase

Garut,Beritanasional.ID – Akibat adanya hujan deras yang terus mengguyur di wilayah desa Salakuray dan sekitarnya, sehingga telah mengakibatkan terjadinya banjir besar di Kampung Legok Oncom RT 01 dan Kampung Legok Ringgit RT 03 RW 06, Desa Salakuray, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Jawa – Barat. Jum’at, (15/7) malam.

Sedangkan dengan terjadinya banjir tersebut, membuat sejumlah rumah warga rusak, selain itu luapan sungai juga membuat panik warga saat akan menyelamatkan diri

Kepanikan warga Kampung Legok Ringgit RT 03 terlihat saat air bah dari sungai meluap bersama material sampah yang menggenangi badan jalan serta merendam rumah

Hal tersebut Dikatakan Aep salah seorang Ketua RT 03 di Kampung Legok Ringgit Desa Salakuray sebagian besar rumah yang ada di dua kampung tersebut tadi malam terendam banjir dan saat ini. Namun berkat kerjasama seluruh warga yang ada di wilayah Desa Salakuray. Saat ini keadaan air dari banjir, itu sudah mulai surut.

Sedangkan adanya kejadian banjir ini, mungkin di akibatkan oleh adanya warga yang membuang sampah sembarangan dan ditambah dengan penyempitan saluran Drainase yang ada di Kampung Legok ini, ujar Aep.

Dalam keterangannya ia juga mengatakan, atas kejadian banjir di Kampung Legok semalam. Tidak ada korban jiwa maupun barang-barang yang berarti, tetapi ada sedikitnya rumah – rumah yang rusak akibat kejadian tersebut.

“Alhamdulillah saat ini keluarga berikut warga semuanya selamat, walaupun pada saat tadi malam lumayan panik dan bingung harus berbuat apa,” memang akhir – akhir ini sering terjadi hujan, akibat sering diguyur hujan akhirnya sungai yang ada di Kampung Legok meluap dan mengeluarkan air bah, kejadian meluapnya sungai, itu sekitar pukul 22.00 wib,” bebernya

Menurut pantauan Beritanasional.ID saat ini di beberapa wilayah yang ada di Kecamatan Bayongbong terjadi banjir akibat diguyur hujan semalaman, disitu terdapat beberapa rumah yang ikut terendam.

Dan menurut pantauan tim di daerah sekitar, tidak adanya laporan ada korban jiwa yang diakibatkan oleh banjir tersebut, kini pasca banjir warga langsung membersihkan lumpur yang masuk kedalam rumah,”( Diky ).
Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button