SosialSulbar

Bawakan Materi, Kakanwil Kemenag Sulbar: Jangan Karena Penyuluh Agama Islam Tidak Tahu Agama Lain

BeritaNasional.id.Pasangkayu.Sulbar —Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat, H. Syafrudin Baderung menjadi pemateri pada kegiatan penguatan moderasi beragama bagi para penyuluh agama Islam yang diadakan Bimas Islam Kanwil Kemenag Sulbar di Kabupaten Pasangkayu. Senin 03 April 2023

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para penyuluh dalam memahami dan mengamalkan nilai-nilai toleransi, kesederhanaan, dan saling menghargai dalam bermasyarakat.

Dalam acara tersebut, Kakanwil mengungkapkan pentingnya moderasi beragama dalam menjaga keharmonisan dan kedamaian di masyarakat. “Indonseia yang moderat ialah dimana – mana bisa hidup senang, serta  tidak pernah mempersalahkan apa sukunya” ujarnya.

Ia juga menekankan kepada para penyuluh agar menghilangkan pikiran – pikiran untuk membangun negara khilafah, yang tak mau menghormati bendera. Karena penyuluh berhadapan langsung dengan masyarakat.

“Jangan karena kita penyuluh agama Islam tapi tidak tahu dengan Agama yang lain, Kita harus memahami bahwa perbedaan agama dan keyakinan adalah hal yang wajar dalam kehidupan beragama. Namun, yang tidak wajar adalah ketidakmampuan kita untuk menghargai perbedaan tersebut dan justru menggunakan perbedaan itu sebagai alasan untuk melakukan kekerasan atau diskriminasi,” ujarnya.

Adapun jumlah peserta yaitu 25 orang dan Yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bidang Bimas Islam H. Muhammad Dinar Faisal, Kakankemenag Kab. Pasangkayu H. Syamsuhri Halim, Kasi Penais H. Syukri Mondang dan para rombongan serta panitia dari Bimais Kanwil Kemenag Sulbar

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button