Menuju Pemilu 2024

Bawaslu Bone Bolango Dorong Partisipasi Warga dalam Pengawasan Pemilu

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bone Bolango mendorong partisipasi warga dalam pengawasan seluruh tahapan pemilu tahun 2024. Ketua Bawaslu Kabupaten Bone Bolango Sofyan Djama mengatakan, Bawaslu membutuhkan dukungan dalam bentuk partisipasi politik yang dilakukan oleh berbagai elemen masyarakat. Partisipasi politik yang dilakukan oleh masyarakat tidak hanya terwujud dalam bentuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya.

“Keterlibatan masyarakat harus juga diwujudkan dengan melakukan pengawasan atas kecurangan yang terjadi, serta melaporkannya kepada pengawas sebagai lembaga yang bertugas mengawasi proses Pemilu dan Pilkada,” kata Sofyan dalam sambutannya saat membuka kegiatan Fasilitasi Forum Warga Pengawasan Partisipatif pada tahapan Kampanye Pemilihan Umum yang digelar di Hotel Grand Q Kota Gorontalo, Jum’at (24/11/2023).

Mantan Komisioner KPU Kabupaten Bone Bolango ini menjelaskan pula bahwa dengan secara langsung terlibat dalam pengawasan Pemilu dan Pilkada, pemilih dapat mengikuti dinamika politik yang terjadi serta dan secara tidak langsung dapat belajar tentang penyelenggaraan pemilu dan pilkada juga semua proses yang berlangsung.

Sehingga, kata Sofyan, dalam mendorong partisipasi atau keterlibatan masyarakat dalam penyelenggaraan pengawasan pemilu, Bawaslu Kabupaten Bone Bolango membentuk sebuah kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif dengan konsep pertemuan terbatas dengan menghadirkan pemateri yang berkompeten. Dalam kegiatan ini dihadiri oleh peserta dari perwakilan organisasi massa dan juga pemantau pemilu.

“Salah satu misi Bawaslu adalah mendorong pengawasan partisipatif berbasis masyarakat. Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan tercapainya output dan outcome kesadaran dari masyarakat terkait partisipasi dalam pengawasan tahapan-tahapan pemilu yang berjalan. Sehingga pengawas pemilu dapat terbantu oleh pengawasan partisipatif yang dilakukan oleh masyarakat luas, khususnya masyarakat Bone Bolango,” pungkasnya. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button