AdvedtorialPolitik

Bawaslu Provinsi Gorontalo Bersama Organisasi Mahasiswa Tingkatkan Pengawasan Partisipatif

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Gorontalo menyelenggarakan kegiatan Bawaslu Goes to Campus yang bertema meningkatkan peran partisipasi mahasiswa dalam pengawasan pemilihan serentak tahun 2024, sekaligus menandatangani Nota Kesepahaman bersama sejumlah organisasi mahasiswa di Gorontalo, bertempat di Aula Auditorium Universitas Gorontalo Sabtu, (24/08/2024).

Dalam penandatanganan Nota Kesepahaman ini melibatkan Badko HMI SulutGo, DPD GMNI Gorontalo, KAMMI Daerah Gorontalo, KMHDI Gorontalo, GMKI Gorontalo, LMND Gorontalo, DPC PERMAHI Gorontalo, dan PERADAH Indonesia Gorontalo yang bertujuan untuk meningkatkan pengawasan partisipatif masyarakat, khususnya dari kalangan mahasiswa, dalam proses pemilihan yang akan datang.

Anggota Bawaslu Provinsi Gorontalo, Moh. Fadjri Arsyad mengatakan kegiatan ini adalah salah satu program Bawaslu di dalam meningkatkan atau mendorong partisipasi masyarakat untuk melakukan pengawasan partisipatif.

“Penandatanganan Nota Kesepahaman ini sangat penting dalam rangka meminimalisir serta mencegah pelanggaran di Pilkada mendatang,” ujarnya.

Diketahui mahasiswa adalah kelompok independen atau kelompok masyarakat intektual yang menjunjung tinggi nilai demokrasi tanpa tekanan atau tanpa pengaruh dari praktik politik praktis, sehingga salah satu upaya Bawaslu adalah mendorong mahasiswa untuk terlibat langsung melakukan pencegahan melalui kegiatan pengawasan partisipatif.

“Mari sama-sama kita kuatkan pengawasan, karena sesungguhnya Bawaslu ini tidak dapat melakukan pengawasan secara maksimal karena keterbatasan kami, namun bukan berarti menurunkan semangat kami menuntaskan tugas-tugas pengawasan jalannya tahapan pemilihan kepala Daerah Tahun 2024,” ucap Fadjri.

(TM)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button