Sumatera

Berjibaku Capai 100 persen TMMD ke -121 Kodim Tanggamus, Ini Kuncinya

BERITANASIONAL.ID, LAMPUNG PRINGSEWU – Satuan tugas (Satgas) TNI Manunggal membangun desa (TMMD) ke-121 Kodim 0242 Tanggamus di Pekon Fajar Mulia, Kecamatan Pagelaran Utara Kabupaten Pringsewu begitu semeringah saat mengikuti pelaksanaan upacara penutupan kegiatan TMMD.

Matahari yang menyengat ditengah lapangan saat mengikuti upacara penutupan tidak dirasakan oleh mereka. Tak heran, panas Itu tersapu oleh rasa syukur mendengar keberhasilan 100 persen diperoleh mereka pada pencapaian kegiatan TMMD, yang dibacakan oleh Dansatgas pada laporan penjabaran pelaksanaan kepada inspektur upacara dihari itu.

Program TMMD ke -121 dimulai pada 24 Juli 2024 dan berakhir pada 22 Agustus 2024 mampu menyelesaikan semua sasaran fisik, di antaranya, Pembukaan badan jalan sepanjang 1.200 meter dengan lebar 11,8 meter. Lalu Perkerasan jalan menggunakan subase sepanjang 750 meter dengan lebar 4 meter.

Selain itu, Pembuatan tiga unit gorong-gorong buis berdiameter 40 cm, Pembuatan dua unit gorong-gorong plat type 200 dengan panjang 11 meter dan Pembangunan talud di kanan-kiri jalan sepanjang 25 meter.

Juga melakukan penambahan kegiatan yaitu bedah rumah untuk dua unit dan pengeboran tiga titik sumur bor.

Sasaran non-fisik juga menjadi fokus TMMD, termasuk penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, bela negara, pertanian, ketahanan pangan, kamtibmas, penanggulangan bencana alam, pencegahan stunting, UMKM, serta pelayanan kesehatan dan sunatan massal.

“TMMD ke-121 juga melakukan bedah rumah untuk dua unit rumah dan pengeboran tiga titik sumur,” ungkap Dansatgas TMMD ke-121 Kodim Tanggamus Vicky Heru Harsanto saat menjabarkan hasil pelaksanaan dihadapan inspektur upacara.

Dihadapan sejumlah awak media, Dandim Tanggamus itu berpesan supaya masyarakat setempat turut memelihara hasil dari program TMMD.

” Saya harap masyarakat turut memelihara hasil program TMMD agar manfaatnya dapat dinikmati masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang,” kata Vicky Heru Harsanto.

Vicky Heru Harsanto mengapresiasi sinergitas antara anggota TNI, Polri, pemerintah dan masyarakat yang telah bekerja secara maksimal sehingga sasaran fisik terselesaikan secara tepat waktu.

Berkenaan dengan itu, TNI bersama Pemerintah Daerah dan Polri serta berbagai komponen masyarakat, bahu membahu menyelesaikan sasaran TMMD Ke-121 baik fisik maupun non fisik, hal tersebut sejalan dengan tema TMMD yaitu Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah.

Dengan keberhasilan ini, spirit gotong-royong masyarakat diharapkan terus dipupuk demi kemaslahatan bersama, baik selama pelaksanaan TMMD maupun setelah kegiatan berakhir.

” Terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh anggota satgas TMMD dan juga seluruh masyarakat desa Fajar Mulia atas dukungan dan kerjasama yang baik sehingga pelaksanaan TMMD ini berjalan dengan aman dan lancar. Tandasnya. Kebersamaan ini merupakan bentuk sinergitas yang positif dalam keberhasilan kegiatan ini, ” tutupnya. (Davit)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button