AdvedtorialDPRD Prov Sulbar

Bersama Pangdam XIV/Hasanuddin ,Ketua DPRD Sulbar Hadiri Apel Gabungan Penanggulangan Bencana

BeeitaNasional.ID.MAMUJU SULBAR–Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Barat Dr. Hj. St. Suraidah Suhardi SE., M.Si telah menghadiri Apel Gelar Pasukan dalam rangka latihan lapangan penanggulangan bencana alam diwilayah Sulawesi Barat. Yang dilaksanakan di Makodim 1418 Mamuju Senin, 16 Oktober 2023.

ketua DPRD Sulbar Suraidah Suhardi saat menghadiri Apel Gelar Pasukan dalam rangka latihan lapangan penanggulangan bencana alam diwilayah Sulawesi Barat. (foto anca)

Dalam lelaksanaan kegiatan  dihadiri langsung Panglima Kodam XIV/Hasanuddin Mayjen Tni Dr. Totok Imam Santoso S.I.P., S.Sos., M.Tr, Asisten I Pemprov Sulbar Herdin Ismail, Bupati Mamuju Hj. St. Sutinah Suhardi, Kajati Prov. Sulbar, Komandan Kodim 1418 Mamuju serta dihadiri oleh para tamu undangan lainnya .

Usai Apel digelar, dilanjutkan dengan simulasi di lapangan Ahmad Kirang Kabupaten Mamuju.

Simulasi Penanggulangan bencana itu melibatkan  personil TNI, Personil Brimob,Basarnas, AL, Pemadam, BNPB, Pol PP dan Masyarakat .

Dalam keterangan Persnya, Pangdam XIV/Hasanuddin mengatakan, atas perintah Pimpinan Angkatan Darat, kami menyelenggarakan kegiatan latihan penanggulangan bencana Alam disini (Mamuju) dimana pesertanya adalah gabungan .

Kata Pangdam, Memang penyelenggaranya kita Kodam dan pelakunya Korem 142 Tatag Sulbar, dan ini personilnya gabungan, seluruh Stakeholder yang terlibat semua ikut latihan dan kita sudah saksikan bersama.

Menurutnya, Targetnya ada tiga, ada pra bencana, kegiatan, kemudian pasca Bencana. dan yang kita utamakan pasca Pra bencana

“Bagaimana kegiatan kita lakukan ini untuk mengurangi dampak yang lebih besar dan kita sudah punya pengalaman pada tahun 2021 seperti apa, ternyata belum maksimal tapi paling tidak kita sudah tau bagaimana sistem kordinasi, komunikasi dan  peralatan,”Jelasnya .

Jadi bencana ini Skenarionya masih level Provinsi, kata Jenderal bintang dua itu, sehingga dikendalikan oleh Gubernur, dan Gubernur minta tolong kepada Pangdam guna memberikan dana untuk incident commander .

Bukan hanya itu, Pangdam juga menggelar Bhakti Sosial di Wilayah Korem 142/ Tatag yang dilaksanakan di Aula Makodim 1418/Mamuju yang dihadiri Ratusan warga, Pemberian sembako  serta peresmian dan penyerahan Kunci RTLH Tahap 5 Kodam XIV Hasanuddin Triwulan IV Tahun 2023 yang diberikan kepada warga Desa Buttuada kecamatan bonehau kabupaten Mamuju ( hms)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button