Kesehatan

BPJS Kesehatan Gorontalo Sediakan Layanan Dekteksi Dini Kanker Serviks

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) cabang Gorontalo menyediakan jaminan layanan deteksi dini kanker serviks kepada seluruh perempuan usia produktif yang telah menjadi peserta JKN-KIS di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, untuk pemeriksaan IVA Test dan pemeriksaan Papsmear, Jum’at (14/06/2024).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo Djamal Adriansyah, mengungkapkan bahwa pelaksanaan kegiatan deteksi dini melalui IVA/Papsmear ini merupakan salah satu upaya unggulan untuk menekan prevalensi kanker serviks pada peserta JKN-KIS terutama kepada perempuan yang sudah menikah.

“Kami berharap kepada warga di daerah ini utamanya ibu-ibu atau peserta BPJS kesehatan agar bisa memanfaatkan program promotif preventif kami, jadi ada namanya pemeriksaan atau screening guna pencegahan kanker serviks,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa pada pemeriksaan ini BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo menyiapkan kuota lebih banyak dari IVA.

“Untuk papsmear yang kita siapkan kurang lebih 5000 kuota, dan baru 100-an yang memanfaatkan pemeriksaan ini, disamping itu juga kami bekerjasama dengan fasilitas kesehatan dan beberapa Laboratorium di gorontalo,” ungkapnya.

Djamal menjelaskan, bagi masyarakat yang berkeinginan mengetahui sejak awal atau mau melakukan screening tinggal datang ke fasilitas kesehatan sambil menunjukkan kartu keanggotaan atau NIK.
Djamal berharap adanya program tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat di gorontalo dengan tujuan utama adalah menekan angka kematian yang disebabkan oleh kanker serviks.

“Karena kita ketahui angka kematian karena kanker leher rahim nilai atau angkanya cukup tinggi,” tutupnya.

(Tiansi)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button