Hukum & KriminalMetroPendidikanPolitik

Buntut Mutasi SD Gmit Soe 1, Orang Tua Ancam Demo Bupati TTS

BeritaNasional.ID-Soe NTT,- Buntut Mutasi SD GMIT Soe 1, Orang tua Murid Desak Sinode Tagih Janji Bupati. Ada hal menarik yang mengemuka saat dilaksanakannya rapat lengkap antara Komite SD GMIT Soe 1, para orang tua murid dan para Guru pada senin, 11/7/2022.  Dalam penyampaian pendapatnya, semua orang tua murid kecewa dan menyesalkan kebijakan Bupati Timor Tengah Selatan, Egusem P. Tahun, ST.MM memutasi Kepala Sekolah Ibu Sonya Imelda Ully, SPd.

Ada topik menarik yang diangkat oleh salah satu orang tua/ wali Murid atas nama Bapak El Aploegi ; bahwa proses mutasi ini menunjukan bahwa Bupati tidak menepati janjinya untuk memperhatikan Sekolah GMIT. 

Dihadapan ratusan orang tua murid, Aploegi mengisahkan bahwa pada 18 juni 2018 lalu bertempat di Gereja GMIT Ebenhaezer Oefau dilaksanakan kegiatan pastoral oleh Majelis Sinode GMIT terhadap para Calon Kepala Daerah yang dihadiri oleh beberapa Calon Kepala Daerah termasuk Bupati TTS sekarang, sedangkan dari Sinode GMIT juga dihadiri oleh Ibu Pdt. Merry Kolimon yang juga saat ini masih sebagai Ketua Sinode. 

Ada satu perntanyaan penting yang dilontarkan oleh Ibu Pdt. Merry Kolimon kepada semua kandidat saat itu bahwa ; jika Bapak-Bapak dipercayakan sebagai Bupati, kira-kira apa yang akan Bapak-Bapak lakukan bagi Sekolah-Sekolah GMIT?, ujar El menirukan pertanyaan Pdt Merry. Lalu selanjutnya semua kandidat menjawab secara diplomatis, tapi saya ingat persis jawaban Pak Epy Tahun saat itu :”beliau bilang begini : Ibu Pendeta, kalau bisa besok saya terpilih sudah ko kita urus itu Sekolah GMIT dong, karena saya juga tamatan Sekolah GMIT” kisah El yang langsung disambut ledekan peserta rapat yang kompak berteriak “wuuuuuuuu…!!!

Selanjutnya semua pembicaraan saat pastoral itu dituangkan dalam pakta integritas yang ditanda-tangani oleh semua Calon termasuk Bupati Epy Tahun saat ini. Dan jika hari ini, kebijakan mutasi yang berpotensi merusak mutu SD GMIT Soe 1, maka dengan sendirinya Bupati telah melanggar komitmennya sendiri yang disampaikan di Gereja Tuhan yang tentunya dalam keyakinan Iman kita percaya bahwa bukan hanya manusia saja yang menyaksikan saat itu tapi saya percaya Tuhan pun mendengar dan ikut menyaksikan, lanjut Aploegi bersemangat.

Untuk itu melalui Komite Sekolah, Bapak El Aploegi meminta agar Sinode GMIT bisa menagih janji atau komitmen Bupati agar jangan mempermainkan gereja.

Jadi tolong Komite kalau ketemu Sinode, tolong sampaikan agar demi menjaga wibawa Sinode maka harus menagih janji Bupati untuk menolong Sekolah GMIT. Jika Sinode diam, maka berarti pertemua pastoral waktu itu di Gereja kami di Ebenhaezer oefau hanya formalitas saja” tegas pensiunan Sekretaris Bappeda TTS ini bersemangat.

Diberitakan sebelumnya bahwa Bupati Timor Tengah Selatan, Egusem P. Tahun, ST.MM melalui SK Nomor. BKPSDMD.820/1509/3/2022 tertanggal 30 juni 2022 telah memutasikan Ibu Sonya Imelda Ully, SPd yang saat ini menjabat sebagai Kepala SD GMIT Soe 1 menjadi Guru Kelas di SD Inpres Oebesa Soe padahal SK Pengangkatan yang bersangkutan sebagai Kepala Sekolah oleh Yapenkris Agape Soe masih berlaku sampai tanggal 30 September 2024.

Hal ini sontak menuai protes dari Komite Sekolah dan orang tua murid, karena menganggap kehadiran Ibu Sonya selaku Kepala Sekolah membawa perubahan besar bagi peningkatan mutu SD GMIT Soe 1 sehingga saat ini menjadi salah satu Sekolah unggulan di Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Bahkan terendus kabar miring bahwa mutasi ini erat kaitannya dengan posisi Drs. Salmun Tabun, Msi yang tak lain adalah suami dari Ibu Sonya Imelda Ully yang digadang-gadang menjadi salah satu kompetitor Bupati Tahun dalam Pilkada TTS tahun 2024 mendatang.

Awak media ini akan segera meminta klarifikasi dari pihak Majelis Sinode GMIT terkait persoalan ini dan akan segera menyajikan informasinya kepada pembaca pada edisi pemberitaan selanjutnya. (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button