Pemerintahan

Bupati Bone Bolango akan Fungsikan Kembali BPU Kabila

BeritaNasional.ID, BONE BOLANGO GORONTALO — Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli rencananya akan memfungsikan kembali gedung Balai Pertemuan Umum (BPU) Kabila.

Rencana ini disampaikan Merlan dalam Rapat Koordinasi & Evaluasi (Rakorev) PAD & Elektronifikasi Transaksi Pemda Kabupaten Bone Bolango Triwulan I Tahun 2024, di Rumah Makan Meranti Indah, Rabu (3/4/2024).

Sebagaimana diketahui, BPU Kabila memiliki nilai historis bagi warga di wilayah tersebut. Apalagi dari masa ke masa, bangunan yang dibangun di era tahun 60an itu, terus bermetamorfosa. Seperti halnya, menjadi gedung pertemuan, bioskop hingga menjadi Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bone Bolango.

BPU Kabila ini pun sempat ambruk pada 19 September 2008 silam, dan kemudian dibangun kembali menjadi Kantor BPBD Bone Bolango.

“BPU ini akan kembali ke fungsi awal,” ujar Merlan.

Generasi saat ini mungkin tidak familiar dengan BPU Kabila. Padahal letaknya berada di pusat Kecamatan Kabila. Bangunan yang dibagun secara gotong royong oleh warga ini dahulunya merupakan primadona warga Kabila di tahun 60an.

“Bangunan ini hasil gotong royong, termasuk ayah saya bersama-sama bangun BPU sebagai tempat pertemuan,” ungkap Merlan.

(Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button