AsahanDaerah

Bupati H. Surya BSc Dan Forkopimda Terima Audiensi PLTA Asahan 3

BeritaNasional.Id – Asahan, Sumatera Utara – Bupati Asahan H. Surya BSc menerima audiensi managemen PLTA Asahan 3 bertempat di Aula Mawar kantor Bupati setempat, Selasa (15/11/2022).

Dalam pertemuan dengan managemen PLTA Asahan 3 itu Bupati didampingi Wakil Bupati Taufik Zainal Abidin dan unsur Forkopimda lainnya mulai dari Dandim 0208/AS Letkol Inf. Franki Susanto SE, Kapolres Asahan AKBP Roman Smaradhana Elhaj, Kajari Asahan Dedyng Wibianto Atabay SH, Danlanal TBA Letkol Laut (P) Aan Prana Tuah Sebayang, dan Ketua PN Kisaran Nelson Angkat SH, serta jajaran Asisten Sekdakab dan sejumlah OPD.

Dalam kesempatan itu Manager PLTA Asahan 3 Agil Darmawan menyampaikan tentang perkembangan Asahan 3 Hydroelectric Power Plant (HEPP) Project yang berlokasi di Kecamatan Aek Songsongan.

Agil Darmawan juga menyampaikan informasi terkait tata letak dan data proyek serta hal – hal yang lainnya. Serta menyampaikan kendala yang dihadapi dalam pembangunan PLTA Asahan 3 kepada Forkopimda, diantaranya mengenai ketidak sepakatan beberapa masyarakat pemilik lahan dengan harga penggantian wajar yang ditetapkan Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP).

“Sesuai ketentuan pembebasan lahan yang berlaku, proses pembebasan lahan telah dialihkan melalui mekanisme konsinyasi ke Pengadilan Negeri Asahan. Namun dalam praktiknya di lapangan, beberapa pemilik lahan masih belum bersedia memberikan akses masuk ke lahan tersebut”, ujar Manager PLTA Asahan 3 tersebut.

Oleh karena itu Agil Darmawan meminta dukungan dari Pemerintah Kabupaten Asahan terkait kegiatan Pembangunan PLTA Asahan 3 serta dukungan langsung dari pihak Desa untuk mendampingi dan memberikan penjelasan ke masyarakat agar proses pengadaan tanah dan persiapan daerah lintasan jalur transmisi dapat segera direalisasikan.

Sementara Bupati Asahan H. Surya BSc mengucapkan terima kasih kepada Manager PLTA Asahan 3 atas kunjungannya. Dan terkait dengan kendala yang dihadapi pada pembangunan PLTA tersebut Bupati mengatakan pihaknya bersama Forkopimda akan membantu PLTA Asahan 3 untuk mencari solusi dari kendala yang dihadapi.

H. Surya BSc berharap kehadiran PLTA Asahan 3 dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kabupaten Asahan terkhusus kepada masyarakat yang berdomisili disekitar PLTA tersebut.

“Saya berharap pertemuan ini dapat menghasilkan solusi agar pembangunan PLTA Asahan 3 dapat berjalan sesuai dengan target yang telah ditentukan, dan segera dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat”, pungkas Bupati.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button