PemerintahanSinjai

Cetak Penyuluh Pertanian Sinjai yang Kompeten, BBPP Prov.SulSel Gelar Sertifikasi Kompetensi

BeritaNasional.ID, SINJAI SULSEL – Penyuluh Pertanian yang Kompeten merupakan hal penting bagi SDM pertanian untuk mendapat pengakuan baik di dalam negeri maupun dunia internasional akan kompetensi yang dimiliki.

Untuk itu, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku Provinsi Sulsel menyelenggarakan sertifikasi kompetensi di Aula Kantor Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sinjai, Rabu (17/05/2023).

Kegiatan digelar selama 3 hari hingga tanggal 19 Mei 2023. Yang diikuti oleh 45 penyuluh pertanian yang ada di Sinjai. Dihadiri oleh perwakilan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Sri Tunjung dan beberapa assesor selaku tim penguji.

Tujuan sertifikasi ini adalah untuk memastikan dan menguji kompetensi para penyuluh pendamping sehingga mampu menjalankan tugasnya secara profesional. Menurut informasi dari Panitia Pelaksana A. Baso Kresn yanga.

A.Baso mengatakan, sertifikat kompetensi ini juga menjadi salah satu syarat dan bisa dimanfaatkan sebagai nilai tambah dalam penerimaan Pegawai Pemerintah Perjanjian Kontrak (PPPK).

“Peserta nantinya akan mendapatkan sertifikat Kompetensi level supervisor yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi dan akan berlaku selama tiga tahun,” Ujarnya

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas TPHP Sinjai H.Kamaruddin, membuka kegiatan dengan penuh rasa syukur, berhubung kegiatan ini sangat penting sebab bukan hanya untuk menunjukkan kompetensi yang dimiliki penyuluh dalam mendukung pembangunan pertanian.

Melainkan kegiatan ini dapat menghasilkan penyuluh pertanian yang kompeten, berdaya saing dan mampu mengubah pola pikir para petani sehingga akan berkembang menjadi petani yang mandiri.

“Kami harap peluang ini bisa dimanfaatkan dengan baik, mendalami ilmu yang diberikan dan dengan sertifikat kompetensi ini akan menjadi nilai afirmasi ketika ada penerimaan PPPK,” harapnya

Olehnya itu pihaknya menghimbau kepada peserta yang mengikuti kegiatan ini agar dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menambah ilmu dan keterampilan dari para assesor.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button