Hukum & Kriminal

Ciptakan Lapas BERSINAR, Kemenkumham Gorontalo Lakukan Penggeledahan Blok Hunian Hingga Tes Urine bagi WBP

BeritaNasional.ID, Gorontalo – Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban serta memutus mata rantai peredaran narkoba di dalam Lapas, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Gorontalo dan Lapas Kelas IIB Boalemo melaksanakan kegiatan rutin penggeledahan blok hunian dan tes urine bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Sabtu, (08/06/2024). Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Lapas Gorontalo dan Boalemo dalam memberantas narkoba dan memastikan kelancaran pelaksanaan Sistem Informasi Pemasyarakatan (SIPAS).

Pengecekan blok hunian dilakukan secara menyeluruh oleh petugas dari kedua Lapas. Petugas menyisir setiap sudut blok hunian untuk memastikan tidak ada benda- benda terlarang yang disembunyikan oleh WBP. Selain itu, petugas juga melakukan pemeriksaan badan dan barang bawaan WBP.

Setelah pengecekan blok hunian, petugas juga melakukan tes urine kepada WBP. Tes urine ini dilakukan untuk mendeteksi dini penggunaan narkoba di dalam Lapas. WBP yang terbukti positif menggunakan narkoba akan diberikan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kalapas Kelas IIA Gorontalo, Indra Setiabudi Mokoagow, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah strategis dalam menjaga keamanan dan ketertiban Lapas.

“Lapas Gorontalo berkomitmen untuk memberantas narkoba dan menciptakan Lapas yang bersih dan bebas narkoba,” ujar Indra.

Sementara itu, Kalapas Kelas IIB Boalemo, Iwan Gunawan Wahyudi, menambahkan bahwa kegiatan ini juga merupakan bentuk memastikan kelancaran pelaksanaan SIPAS.

“SIPAS merupakan program unggulan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan untuk meningkatkan kualitas layanan di Lapas. Oleh karena itu, Lapas Boalemo berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan SIPAS dengan sebaik-baiknya,” tutur Iwan.

Hasil dari razia blok hunian pada Lapas Gorontalo dan Lapas Boalemo menunjukkan bahwa tidak ditemukan barang yang terlarang dan seluruh hasil test urine WBP dinyatakan negative. Hal ini menunjukkan bahwa Lapas Gorontalo dan Lapas Boalemo berkomitmen untuk menciptakan Lapas yang aman dan BERSINAR (Bersih dari Narkoba).

(Rls/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button