ACEHBanjir

Dampak Banjir Hanguskan Mesin Perumda Tirta Tamiang, Ini Solusinya

BERITANASIONAL.ID, ACEH TAMIANG – Akibat banjir yang melanda Kabupaten Aceh Tamiang dikabarkan mesin Pompa Kanal Inteke Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Tamiang untuk wilayah Kecamatan Seruway hangus terbakar.

Diketahui mesim Pompa Kanal Inteke yang berada di pinggir Sungai Seruway tepatnya di Kampung Tangse Lama Kecamatan Seruway merupakan sarana vital untuk pengelolaan air baku.

“Akibat banjir, mesin utama pengelolaan air milik perusahaan hangus terbakar. Mesin itu berada di Kanal Intake sehingga pengelolaan air lumpuh total,” sebut Direktur PDAM Tirta Tamiang, Ismail saat melakukan peninjauan di Kampung Tangse Lama Kecamatan Seruway, Minggu (9/10/2022).

Ismail menjelaskan keberadaan mesin pompa Kanal Intake yang saat ini tenggelam tersebut dioperasionalkan oleh mesin pompa, sehingga dengan tidak berfungsikan mesin tersebut sangat fatal untuk distribusi air ke pelanggan.

Kemudian Ismail menjelaskan dengan tidak berfungsi mesin tersebut, pihak berupaya mengubah pengelolaan secara langsung tanpa melalui kanal.

“Semua mesin kita ubah jalur. Dan ini kerja ekstra tim,” sebutnya.

Menurutnya saat mengubah jalur pengelolaan ini, semua mesin yang berhubungan dengan mesin pompa Kanal Intake diubah dan dialihakan secara langsung menerima air dari sedot langsung dari sungai.

” Hari ini jalur yang kita ubah selesai dikerjakan. Air secara manual kita sedot langsung dari sungai,” ujarya.

Untuk itu sambung Ismail, pihaknya berharap ke konsumen agar dapat memaklumi dengan kondisi bencana alam (banjir) ini.

” Ini kondisi kita, saat ini pengelolaan air tidak melalui Kanal Intake namun sedot langsung dan yang pasti setelah berjalan akan mengalami kekurangan suplai air” sebut Ismail mengakhiri.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button