AsahanDaerah

Danlanal TBA Dan Tim Monitoring Spotmar TNI – AL Canangkan Program Kampung Bahari Nusantara Di Silau Laut

BeritaNasional.ID – Kisaran, Sumatera Utara – Pemerintah Kabupaten Asahan mengucapkan terima kasih kepada pihak Danlanal – TBA yang telah mencanangkan Desa Silo Baru, Kecamatan Silau Laut ke dalam program Ketahanan Pangan dan program Kampung Bahari Nusantara (KBN).

Hal itu disampaikan Bupati Asahan diwakili Sekretaris Daerah Drs. John Hardi Nasution MSi dalam sambutannya ketika menerima kunjungan Komandan Pangkalan TNI – AL Tanjung Balai – Asahan (Danlanal – TBA) Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory bersama Tim monitoring data geografi dan demografi Spotmar Mabes TNI – AL Letkol laut (E) Iwan Kusuma ST, MM, dan Letkol laut (KH) Very Budianto, S.Kom, M. Tr Opsla, di ruang Mawar kantor Bupati setempat, Jum’at (19/11/2021).

Dikatakan Sekda, Pemkab menyambut baik program tersebut karena data geografi Kabupaten Asahan sangat strategis berbatas dengan Selat Malaka yang langsung ke luar negeri, yaitu Malaysia dan Singapura dan beberapa negara lainnya di jajaran Asean. Sehingga bila program ketahanan pangan dalam negeri khususnya Kabupaten Asahan dapat terwujud maka peluang eksport pasar internasional terbuka lebar dan hal itu dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Demikian halnya tentang program Kampung Bahari Nusantara. Nantinya program ini akan menjadikan masyarakat lebih sejahtera melalui program ekonomi mandiri, desa wisata bahari, dan sebagainya guna untuk mensejahterakan rakyat, ujar John Hardi sembari berharap OPD terkait dapat mensinergikan program yang ada dengan program tersebut.

Sementara Tim Monitoring dari Spotmar TNI – AL Letkol laut (E) Iwan Kusuma ST, MM dalam paparannya menyampaikan bahwa Kampung Bahari Nusantara adalah proyek yang dijalankan TNI Angkatan Laut di seluruh Indonesia. Dimana program KBN ini adalah sinergitas untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat antara kesehatan, edukasi, ekonomi, pertahanan dan pariwisata, sehingga masyarakat di pesisir dapat lebih sejahtera dengan program yang diselenggarakan.

Nantinya Kampung Bahari Nusantara ini dari sisi pertahanan diharapkan dapat membantu TNI khususnya prajurit laut dalam menjaga kedaulatan NKRI. Sehingga bila ada sesuatu yang menjadi penghambat ataupun merugikan di laut, masyarakat dapat melaporkan kepada TNI – AL sehingga daerah pesisir ini betul – betul dapat terjaga kelestariannya dan dapat terjaga kesejahteraannya, ujar Letkol Iwan.

Tim monitoring Spotmar TNI – AL ini berharap bila nanti Desa Silo Baru, Kecamatan Silau Laut diresmikan sebagai program Kampung Bahari Nusantara (KBN), seluruh masyarakat harus tetap dapat menjaga dan mengembangkannya sehingga programnya tetap berjalan.

Dalam pertemuan itu terlihat hadir Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Asahan Febriandi Saragih, Asisten Pemerintahan Buwono Prawana SIP, sejumlah OPD terkait, Camat Silau Laut, dan Kepala Desa Silo Baru.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button