DaerahJawa TimurSitubondoTMMD

Dari Program TMMD ke-120, Warga Dusun Polay Nikmati Air Bersih dan Rumah Layak Huni

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 yang dilaksanakan Kodim 0823 Situbondo telah membawa kebahagiaan dan harapan baru bagi warga Dusun Polay, Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo.

Sebab, bertahun-tahun Dusun Polay, Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa ini selalu kekurangan air bersih ketika memasuki musim kemarau. Namun, sekarang masyarakat dusun tersebut tidak lagi khawatir kekurangan air bersih setelah adanya pembangunan sumur bor dari program TMMD ke-120 Kodim 0823 Situbondo.

Pembangunan sumur bor yang telah dikunjungi Tim Wasev TMMD ke-120 Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya (Aster Panglima TNI) tersebut menjadi harapan baru bagi kehidupan masyarakat Dusun Polay itu. Karena, selama ini warga setempat sering sekali kekurangan air bersih.

“Kami benar-benar merasakan kemanunggalan TNI bersama rakyat ketika membangun sumur bor tersebut. Selama ini, kami selalu kekurangan air bersih saat musim kemarau tiba. Sekarang, kami tidak lagi takut kekurangan air bersih,” kata Sawani, warga setempat, Jumat (31/05/2024).

Alhamdulillah, kata Sawani, berkat program TMMD ke-120 yang dilaksanakan Kodim 0823 Situbondo, kami bersyukur bisa menikmati air bersih dari sumur bor dan pembangunan 10 unit Rumah Tidak Layak Huni menjadi Layak Huni,” tuturnya.

Program TMMD ke-120 ini bertujuan untuk mempercepat pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain membangun sumur bor juga dibangun 10 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) pada sasaran program TMMD ini.

Pembangunan sumur bor diprioritaskan karena selama ini warga Dusun Polay sering kekurangan air bersih. Pembangunan sumur bor sudah selesai dan insyaallah airnya bisa mencukupi 150 kepala keluarga di Dusun Polay tersebut.

Kesedihan dan ketakutan masyarakat Dusun Polay akan kekurangan air bersih, kini sudah teratasi dengan adanya pembangunan sumur bor dengan kedalaman 150 meter tersebut.

Dengan adanya program TMMD ke-120 tahun 2024 yang dilaksanakan Kodim 0823 Situbondo bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo, merupakan bukti nyata bahwa TNI peduli terhadap kehidupan masyarakat yang tinggal di daerah terpencil.

TMMD ke-120 tahun 2024 yang mengambil tema “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah” merupakan bukti nyata bahwa TNI dan rakyat mampu manunggal dengan baik.

Senyum bahagia warga dusun Polay Desa Jatisari yang rumahnya di bedah dari Program TMMD ke-120)

TMMDke-120 yang dilaksanakan di Dusun Polay, Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo, merupakan program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah untuk mempercepat pembangunan desa terpencil. Dengan harapan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa tersebut.

Keberhasilan program TMMD bergantung pada kerja sama dan gotong royong dari semua pihak yang terlibat. Termasuk TNI, Polri, pemerintah daerah, dan masyarakat. Dalam program TMMD tahun ini terbagi menjadi kegiatan fisik dan non-fisik. Dengan fokus membangun infrastruktur dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kondisi sosial dan kemasyarakatan.

Melalui TMMD, berbagai program lintas sektor diharapkan dapat dioptimalkan untuk mewujudkan masyarakat Situbondo yang berakhlak, sejahtera, adil, dan berdaya.

TMMD ke-120 yang dilaksanakan Kosim 0823 Situbondo dari tanggal 8 Mei hingga tanggal tanggal 6 Juni 2024 ini, diharapkan dapat membawa banyak manfaat bagi masyarakat di Dusun Polay, Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo. (Penulis : Satgas TMMD ke-120 Letkol Inf. Alexander AB, SE. Dandim 0823/Situbondo)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button