PemerintahanSinjai

Dibuka Bupati ASA, Puluhan Pengurus Koperasi Se-Kab Sinjai Ikuti Peningkatan Pemahaman Perkoperasian

BeritaNasional.ID, SINJAI SULSEL – Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai menggelar acara peningkatan pemahaman perkoperasian serta kapasitas dan kompetensi SDM Koperasi.Senin (26/6/2023) pagi

Acara yang berlangsung di Aula Hotel Grand Rofina Sinjai ini, dibuka langsung oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA). Turut dihadiri oleh Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Sinjai Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto.

Peningkatan pemahaman perkoperasian serta kapasitas dan kompetensi SDM Koperasi ini berlangsung selama tiga hari dan diikuti sebanyak 50 orang yang merupakan unsur Pengurus, Pengawas atau Manajer koperasi yang ada di Sinjai.

Adapun Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk memahami prinsip dasar hakekat pengelolaan koperasi, meningkatkan pemahaman penyesuaian legalitas koperasi dan dapat membangun kemitraan usaha koperasi dengan usaha lainnya.

“Peserta pelatihan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam menyusun rencana kerja dan rencana anggaran pendapatan belanja koperasi,” Ujar Kadis Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Sinjai Ir. H. Ramlan Hamid.

Pada kesempatan yang sama, Bupati ASA menyampaikan apresiasi kepada Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja yang telah melaksanakan kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini penting untuk meningkatkan kapasitas SDM pelaku koperasi sehingga bisa menjalankan manajemen koperasi dengan benar.

Ia juga mengatakan bahwa perkembangan koperasi di Sinjai akhir-akhir ini semakin meningkat dibawah pimpinan Ketua Dekopinda Sinjai. Hal ini dibuktikan dengan jumlah koperasi yang melaksanan Rapat Anggota Tahunan (RAT) semakin meningkat.

“Saya melihat semua koperasi yang ada didorong untuk melakukan RAT sehingga legalitas dan pengelolaan keuangan koperasi bisa dipertanggungjawabkan. RAT ini menjadi penilaian apakah koperasi itu berjalan baik atau tidak,”katanya

Bupati ASA berharap kepada peserta yang mengikuti pelatihan ini agar memahami dengan serius setiap materi yang disampaikan oleh narasumber sehingga kedepan koperasi di Sinjai bisa semakin maju dan membantu memajukan perekonomian daerah.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button