Lumajang

Diduga Akibat Tanah Longsor Satu Keluarga Meninggal Dunia

BeritaNasional.ID LUMAJANG JATIM – Dampak cuaca extrim hujan intensitas tinggi yang mengakibatkan tanah longsor yang menimpa rumah di dusun sriti Desa Sumberurip Kecamatan Pronojiwo Lumajang satu keluarga meninggal dunia jum’at (07/07 2023).

Menurut Informasi diduga akibat tanah longsor yang mengakibatkan satu rumah tertimbun beserta satu keluarga meninggal dunia melalui pesan berantai washap di beberapa Group washap yang menyertakan foto serta vidio kejadian tersebut.

Di lansir web bpbd.lumajangkab.go.id “Pada hari Jum’at, 07 Juli 2023 Pusdalops BPBD Kabupaten menerima laporan dari Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Candipuro perihal dampak cuaca extrim hujan itensitas tinggi yang mengakibatkan longsoran di beberapa titik di wilayah setempat. Menerima informasi tersebut BPBD Kabupaten Lumajang segera merespon dan menerjunkan personel TRC Siaga untuk melakukan proses assessment awal”

Lokasi Kejadian
1. Dusun Sriti RT 06 RW 03 Desa Sumberurip Kecamatan Pronojiwo Lumajang

2. Jalan Nasional Lumajang- Malang, Piket nol KM 58 Kamarkajang Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Lumajang

Kronologi Kejadian
a. Pada hari Jum’at tanggal 07 juli 2023 sekitar pukul 00.10 WIB, terjadi hujan dengan intensitas sedang – lebat di wilayah Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro Lumajang;

b. Akibat intensitas hujan tersebut dilaporkan terjadi longsoran di beberapa titik yang sedang dilakukan asesmen oleh TRC BPBD Kabupaten Lumajang.

Hujan intensitas sedang – deras sehingga mengikis tanah yang mudah longsor di Dusun Sriti RT 06 RW 03 Desa Sumberurip Kecamatan Pronojiwo Lumajang
1. Galih adi perkasa usia 23 thn ( suami ).
2. Candra agustina usia 20 thn ( istri ).
3. Galang naendra putra usia 4 bln ( balita ).

b. Material :
– Tebing Piketnol KM 58 Kamarkajang Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Lumajang
= Setinggi 3 Meter longsor menutup akses dilokasi
– Kerusakan bangunan rumah milik korban tertimbun longsoran di Dusun Sriti RT 06 RW 03 Desa Sumberurip Kecamatan Pronojiwo Lumajang.

BPBD Mnerjunkan 2 regu menuju lokasi kejadian beserta 1 unit alat berat Loader, Jalur Lumajang-Malang via selatan atau Piketnol ditutup sementara hingga di infokan kembali, 3 Korban tertimbun longsor di Dusun Sriti RT 06 RW 03 Desa Sumberurip Kecamatan Pronojiwo Lumajang berhasil di evakuasi dalam kondisi meninggal dunia, Laporan perkembangan disampaikan berkala.

Sementara Adma Teguh Pambudi, S.STP Kabid Kedaruratan, Rehabilitasi dan rekonstruksi BPBD kabupaten Lumajang saat di konfirmasi melalui selulernya Tim BPBD masih meluncur sementara akses jalur piket nol putus.

“Tim masih meluncur, akses piket nol. Putus” jawabnya (Rhm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button