AdvedtorialGorontalo

DKP Provinsi Gorontalo Ikut Meriahkan GKK 2024

BeritaNasional.ID, GORONTALO — Menyemarakkan Gorontalo Karnaval Karawo (GKK) tahun 2024 Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Gorontalo turut ambil bagian dengan mengusung tema “WONDERFUL GORONTALO FOR GEOPARK UNESCO”.

Geopark atau taman bumi merupakan sebuah wilayah geografi tunggal atau gabungan, yang memiliki situs warisan geologi (Geological Site) dan bentang alam yang bernilai, terkait aspek warisan geologi (Geoheritage), keragaman geologi (Geodiversity), keanekaragaman hayati (Biodiversity), dan keragaman budaya (Culture Diversity).

Diperagakan oleh 5 model dari DKP Provinsi Gorontalo, yang ornamen kostum beserta sulaman Karawonya menceritakan tentang warisan geologi (Geological Site) dan keanekaragaman hayati (Biodiversity) dengan beragam macam warna yang menambah keunikan, kecantikan dan kemegahan kostum karnaval yang dipersembahkan.

Kostum yang pertama menggambarkan kokohnya Batu Gamping yang terdapat di tepi Pantai Olele terlihat pada ornamen dan sulaman karawo yang diperagakan oleh model.

Kostum kedua, ketiga dan keempat yakni, Kuda Laut, Kepiting dan Ikan menceritakan tentang kekayaan biota laut Olele yang terlihat pada ornamen kostum dan sulaman karawonya.

Kostum kelima, bercerita tentang filosofi kapal yang merupakan alat transportasi laut yang desain dan ornamen karawonya terinspirasi dari KM. TUMAMBAYU yang kapalnya bisa kita lihat di Owista Danau Perintis.

(Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button