DaerahSUMUT

Dukung Program Nasional, Dinas Perikanan Batubara Adakan Pelatihan Diservikasi Pengolahan Ikan

BeritaNasional.ID, Batubara – Upaya mendukung Program Nasional Kementrian Kelautan dan Perikanan ‘Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN), Dinas Perikanan Kabupaten Batubara adakan Pelatihan Diversifikasi olahan Produk Hasil Perikanan.

Pelatihan tersebut terkait pembuatan pempek, dan mengedukasikan masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi ikan bagi kesehatan dan kebugaran tubuh yang dilaksanakn pada Senin, (23/08/2021) di Desa Tanah Rendah Kecamatam Air Putih yang merupakan salah satu Desa Locus Stunting di Kabupaten Batubara Sumatera Utara.

Kepala Dinas Perikanan Antoni Ritonga saat dimintai tanggapannya terkait manfaat dari mengkonsumsi ikan mengatakan bahwa banyak manfaat yang didapati.

Dengan makan ikan dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah berbagai macam penyakit, juga dapat meminimalisir terpapar Covid-19, dan mencegah STUNTING (Gangguan Pertumbuhan Pada Balita), juga dapat meningkatkan kecerdasan pada anak.

Pelatihan dari Dinas Perikanan Batubara saat berlangsung di Aula Desa Desa Tanah Rendah Kecamatam Air Putih Kabupaten Batubara
Pelatihan dari Dinas Perikanan Batubara saat berlangsung di Aula Desa Desa Tanah Rendah Kecamatam Air Putih Kabupaten Batubara.

“Dengan Pelatihan Diversifikasi olahan produk hasil perikanan ini juga dapat meningkatkan penghasilan keluarga (Rumah Tangga), paparnya.

Adapun pelatihan kali ini, Dinas Perikanan targetkan peserta dari kalangan emak-emak dan ibu rumah tangga dari masyarakat setempat, dengan jumlah sebanyak 30 orang dan tetap menerapkan Protokol Kesehatan.

“ini adalah salah satu kegiatan yang mendukung program Nasional Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) dari Kementrian Kelautan dan Perikanan,” ungkap Kepala Dinas Perikanan Antoni Ritonga melalui Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Juniar Pane, S. Pi saat dikonfirmasi Rabu, (25/08/2021).

Selaku penanggung jawab kegiatan Juniar Pane, S. Pi didampingi Anita Andriani, S.Kep Ners selaku Narasumber pelatihan mengungkapkan, bahwa tujuan dan manfa’atnya Pelatihan tersebut untuk meningkatkan imunitas tubuh, salah satu upaya melawan dan mencegah penularan Covid-19.

Kegiatan Pelatihan ini juga diharapankan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnnya mengkonsumsi ikan sebagai sumber protein sehari-hari. (FTR-BB/01)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button