Wartawan BeritaNasional.ID Terdaftar Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
Politik

Elektabilitas Capres/Cawapres 2019 Semakin Ketat Selisih Tipis

image_pdf

BeritaNasional.ID Jakarta – Lembaga survei Puskaptis merilis hasil survei terbarunya mengenai keterpilihan atau elektabilitas pasangan calon (Paslon) pada Pilpres 2019. Hasilnya, pasangan nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf, saat ini hanya unggul tipis atas pasangan nomor urut 02, Prabowo-Sandi.

Direktur Eksekutif Puskaptis, Husin Yazid mengemukakan elektabilitas Jokowi-Amin mencapai 45,90 persen. Sementara, elektabilitas Prabowo-Sandi mencapai 41,80 persen. Adapun yang belum menentukan pilihan (swing voters) tapi akan berpartisipasi pada pilpres sekitar 12,30 persen.

“Survei dilakukan tanggal 8-14 Januari 2019. Survei dilakukan secara proporsional di 34 provinsi dengan responden telah berusia 17 tahun dan terdaftar di KPU sebagai pemilih,” kata Husin di Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Husin menjelaskan, jumlah responden sebanyak 2.100 orang. Responden dipilih secara random dengan penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Tingkat kesalahan (margin error) survei mencapai 2,4 persen. Adapun tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Menurut Husin, elektabilitas Prabowo-Sandi naik karena adanya keinginan publik akan perubahan dan presiden baru. Kemudian sosok Prabowo-Sandi dianggap mampu memperbaiki kondisi ekonomi saat ini. Prabowo-Sandi juga dinilai oleh responden memiliki karakter tegas dan berwibawa.

“Selisih keduanya yang sangat tipis yaitu 4,1 persen. Sebaliknya, hasil ini bisa menjadi semangat bagi Prabowo-Sandi untuk mengejar atau bahkan mengungguli,” kata Husin. (dki1/bn)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close