Jawa TimurNasionalRagamSitubondo

Gelak Tawa Napi Rutan Situbondo Saat “Nyate” Bareng Dimomen Idul Adha 1445 H

BeritaNasional.id, SITUBONDO JATIM – Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan kelas IIB Situbondo, Jawa Timur terlihat sangat khusuk saat melaksanakan salat Idul Adha di di Aula Rutan. Senin (17/06/2024).

Suasana Hari Raya Idul Adha atau sebagian masyarakat menyebut hari raya kurban adalah hari raya besar yang ditunggu – tunggu oleh masyarakat muslim Indonesia, salah satunya tradisi Nyate bareng keluarga saat Idul Adha.

Seperti yang terlihat di Rutan Kelas IIB Situbondo. Momen Idul Adha 1445 hijriyah tahun 2024 dimanfaat oleh seluruh petugas Rutan bersama 410 WBP menggelar nyate bareng.

Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo Rudi Kristiawan memaparkan bahwa kegiatan “nyate bareng” warga binaan dan sipir pada Hari Raya Kurban tersebut merupakan kali kedua dilakukan atau sejak tahun 2023.

“Nyate bareng ini merupakan yang lkedua kali digelar, diharapkan dengan kegiatan ini dapat mempererat silaturahim antara petugas dan warga binaan, selain itu tujuannya juga sebagai pengobat rindu warga binaan kepada keluarga pada momentum Idul Adha,”papar Rudi.

Selain itu Rudi berharap ilmu dan keterampilan membuat sate kambing yang dimilkinya mulai dari menyembelih, memotong daging, memasak, meracik bumbu hingga menyajikan sate bisa menular ke WBP sehingga bisa dipraktekkan nanti bagi WBP yang sudah kembali kemasyarakat.

“Dulu saya pernah berjualan sate kambing Blora, nah harapannya setelah mereka tahu cara membuat sate yang benar nantinya bisa menjadi bekal secara mandiri setelah keluar dari penjara,” kanjut Rudi.

Momen Nyate bareng pada Hari Raya Kurban ini juga membangun kekompakan dan keakraban antara sipir dan warga binaan, tidak ada sekat sehingga terbangun rasa kekeluargaan yang kuat antara para WBP dan petugas.

“Jika semua kompak maka akan tumbuh rasa saling menghargai dan ini akan menciptakan kondusifitas di lingkungan rumah tahanan, paling tidak hal ini juga bisa mengobati perasaan rindu mereka makan bersam keluarga,” ucap Rudi.

Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo Rudi Kristiawan juga mengatakan, untuk Idul Adha 1445 hijiriyah ada 21 ekor kambing yang dikurbankan sedangkan yang disembelih didalam Rutansekitar 12 ekor disembelih dengan target 6.000 tusuk sate yang dibakar diatas tunggku sepanjang 40 meter.

“Alhamduliah kami bersyukur, dalam kepemimpinan pak Rudi, selalu saja ada kejutan buat kami, seperti Nyate Bareng ini, kami benar – benar serasa di rumah bersama keluarga, apalagi resep bumbu sate yang beliau kerjakan sendiri rasanya nikmat dan luar biasa,’puji Warga Binaan yang enggan di sebut namanya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button