DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Gubernur Jatim Lepas Pemudik Gratis di Pelabuhan Jangkar Situbondo

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Bupati Situbondo Karna Suswandi, Kepala Dishub Jatim Nyono, Kepala KSOP Kelas IV Panarukan Herland Aprilyanto, dan para pejabat Pemprov Jatim serta Forkopimda Situbondo melepas pemudik dari Pelabuhan Penyeberangan Jangkar Situbondo menuju ke Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Kamis (20/04/2023).

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kepala KSOP Kelas IV Panarukan yang telah mendatangkan bantuan Kapal Latih Bung Tomo milik Politeknik Pelayaran Surabaya, KN Masalembu milik Distrik Navigasi Kelas I Surabaya dan pihak-pihak terkait lainnya yang telah membantu kelancaran mudik gratis Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Hari ini adalah trip pelayaran kapal feri keempat mudik gratis di Pelabuhan Penyeberangan rute Jangkar-Pulau Raas. Harapan kami para pemudik mendapat keamanan dan keselamatan selama berlayar mudik menggunakan KMP Wicitra Dharma I dan Selamat menyambut 1 Syawal 1444 Hijriah,” kata Gubernur Jatim.

Lebih lanjut, Gubernur Jawa Timur mengatakan, program mudik gratis yang dilaksanakan setiap tahun oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur ini, merupakan wujud kepedulian Pemprov Jatim kepada masyarakat yang merantau di berbagai daerah. “Titip salam buat keluarga di rumah, semoga bahagia selalu dalam bersilaturrahmi,” pungkas Khofifah dihadapan ratusan pemudik gratis tujuan Pulau Raas.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Nyono mengatakan, total jumlah pemudik tujuan Raas yang menyeberang melalui Pelabuhan Jangkar Kabupaten Situbondo menggunakan kapal Feri  sebanyak 2.200 orang dengan jumlah sepeda motor sebanyak 819 unit. “Pemesanan tiket mudik dan balik gratis Lebaran 2023 ini dilakukan secara online, maupun secara langsung di Pelabuhan Jangkar,” ujar Nyono.

Lebih lanjut, Nyono mengatakan, kapal mudik gratis rute Jangkar-Raas dimulai pada tanggal 13 April dilanjutkan pada tanggal 15, 17, dan 20 April 2023. “Kembalinya dari Raas ke Jangkar, juga sama empat trip pelayaran yang dimulai pada tanggal 30 April, tanggal 2, 4, dan 6 Mei 2023,” tuturnya.

Selain mudik gratis lebaran, sambung Nyono, ada juga angkutan reguler menuju beberapa kepulauan di Kabupaten Sumenep, Madura, di antaranya Pulau Raas, Sapudi, Kangean, dan Kalianget dengan menggunakan KMP Dharma Kartika, KMP Wicitra Dharma I dan Munggiyango Hulalo. “Pelabuhan Jangkar juga melayani angkutan lebaran berbayar, bukan hanya melayani angkutan pemudik gratis saja,” pungkas Nyono. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button